Menguak Misteri Telaga Air di Dalam Lereng Bukit Gupak

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Buat kamu yang senang traveling mencari hal-hal yang baru berbau misteri dengan nuansa alam liar dan belum banyak diketahui banyak orang, mungkin Telaga Air di Dalam Lereng Bukit Gupak yang berada di Kampung Cibentang, Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor layak direkomendasikan untuk dikunjungi.

Pasalnya, keberadaan telaga air tersebut berada di dalam goa yang tampak dari depan berukuran dua kali dua meter namun saat sudah masuk kedalam cukup luas, dan lokasinya berada ditengah-tengah lereng bukit yang terbilang curam dengan ketinggian sekitar 450 sampai 500 meter di atas permukaan laut (MDPL).

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Bahas LKPJ Terakhir Bima Arya

“Keberadaan telaga air di dalam bukit batuan sedimen (Batu Lempung) yang mengeras dari jutaan tahun lalu itu memang cukup unik dan memiliki potensi wisata, pintu masuknya cukup kecil sekitar 2 kali 2 meter, sedangkan didalamnya lumayan luas sektar 40 meter lebarnya dan tinggi 15 meter” ujar dosen Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI), Dr. Taqiyuddin, Kamis (26/5/2022).

Menurut Dr. Taqiyuddin, potensi wisata tersebut terlihat saat dirinya datang kelokasi guna mendampingi mahasiswanya yang sedang melakukan penelitian dibeberapa desa yang berada di wilayah Kecamatan Jasinga, dimana potensi yang bisa dikembangkan diantaranya joging trek sepeda, Camp dengan panorama alam diatas bukit.

BACA JUGA :  Terlalu Banyak Konsumi Teh Lemon Ternyata Miliki Efek Samping, Simak Ini

“kebetulan kita sedang melakukan penelitian di Desa-desa perbatasan untuk melihat potensi dan juga ingin tahu kadar air yang ada di kubah goa gupak ini. Untuk potensi wisata dari kondisi alamnya sendiri sebenarnya cukup mendukung, seperti ditambah penyediaan jalan buat joging trek sepeda misalnya,” ungkapnya

============================================================
============================================================
============================================================