Konser Swaraya
Kondisi lapangan Kebun Raya Bogor usai digunakan konser. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORKonser Swaraya yang digelar pada Sabtu (25/6/2022) di Kebun Raya Bogor memicu kritikan dari sejumlah pihak. Pasalnya, area lapangan yang digunakan untuk konser tersebut tampak rusak. Dalam foto yang beredar yang diterima wartawan, rumput hijau itu berubah menjadi becek dan berlumpur.

Melihat itu, beberapa warganet sangat menyanyangkan adanya konser yang dianggap merusak nilai-nilai sejarah, budaya, dan kearifan leluhur yang ada disana (Kebun Raya).

Kritikan itu datang dari salah satu akun media sosial Facebook MangAsepKabayan. Ia “ngadu” ke Presiden Joko Widodo agar menegur pihak managemen Kebun Raya Bogor yang mendukung acara konser tersebut.

Konser Swaraya
Konser Swaraya Kebun Raya Dianggap Merusak Budaya dan Kearifan Leluhur. Foto : Istimewa.

“Yth Pak Presiden Joko Widodo sebagai pendukung setia Bapak, dimana Bapak pun tinggal tidak jauh dari Kebun Raya Bogor yang mana secara Sejarah merupakan tempat dahulunya sangat disakralkan sebagai Hutan Samida, Taman dan Kebunnya Para Raja, yang mana spirit mereka pun masih tetap hadir disana. Mohon Pak, hentikan kegiatan brutal perusakan Kebun Raja,” tulisnya di media sosialnya, dikutip Senin (27/6/2022).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Menurutnya, kebun Raya Bogor ini dengan kegiatan konser yang sangat tidak sesuai dengan spirit dan nilai-nilai sejarah, budaya, dan kearifan leluhur yang ada disana.

“Punten Pak, segera ditegur keras ini pengelola yang sangat tidak memahami fungsi dan kearifan Kebun Raya Bogor. Besar harapan kami sebagai pencinta Kebun Raya Bogor dikembalikan pada fungsi dan kearifannya agar spiritnya dapat kembali berkobar menuju Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan konser-konser masif seperti ini dapat dicarikan di tempat lain yang lebih cocok dan tidak mengganggu kearifan lokal yang ada disekitarnya.

BACA JUGA :  Kontroversial Wasit di Laga Indonesia vs Qatar, PSSI Layangkan Protes ke AFC

“Sedih hati kami Pak, melihat Kebun Raya Bogor yang kami cintai dinodai seperti ini. Semoga Bapak sekeluarga selalu ada dalam kesehatan dan keberkahan,” ungkapnya.

warganet lainnya juga mengeluhkan ketidaksiapannya panitia, tiket hingga kondisi lapangan. Bahkan ada netizen yang membuat testimoni seraya mengingatkan dan menginformasikan adanya insiden ibu hamil yang terpeleset hingga cedera akibat licin.

“Antisipasi klo hujan otomatis rumput basah campur tanah lembek potensial venue licin (kemarin bahkan ada ibu hamil yg kepeleset dan cedera, semoga lekas pulih dan sehat2 ya buk)” tulis @yuna*** dengan emoji sedih.

Sebelumnya, Yuna membuat rekap terkait konser Swaraya di Kebun Raya Bogor yang tak sesuai ekspektasi.

============================================================
============================================================
============================================================