Posisi duduk yang benar untuk cegah risiko cedera Mengingat risiko cedera yang bisa ditimbulkan akibat posisi duduk yang salah, kita dapat mengatur lagi posisi duduk yang tepat. Dokter Luthfi menyarankan agar kita menggunakan perangkat duduk yang memadai, misalnya duduk di kursi yang dilengkapi dengan sandaran di belakangnya.

“Duduk dengan sandaran itu adalah posisi aman untuk tulang belakang,” tambahnya.

Perhatikan pula posisi duduknya. Untuk mencegah cedera, pastikan duduk tegak atau posisi punggung menempel ke bagian sandaran kursi agar tidak cepat pegal. Perlu diketahui, fungsi sandaran kursi tersebut dapat mengurangi beban yang ditanggung tulang belakang dan pinggul saat kita duduk.

BACA JUGA :  Takjil Buka Puasa dengan Bubur Mutiara, Ini Dia Resepnya

Kemudian hindari pula posisi punggung melengkung atau membungkuk ke arah depan. Bila diperlukan, kita juga bisa memanfaatkan bantal kecil yang diletakkan di belakang pinggul agar duduk terasa lebih nyaman.

Selain itu, hindari pula duduk terlalu lama dalam posisi yang sama. Setiap satu jam, kita disarankan melakukan peregangan atau sekadar jalan-jalan untuk mengurangi sensasi kekakuan otot dan tulang belakang.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Warga Kabupaten Bogor Siaga Bencana Alam, Segera Lapor Jika Muncul Bencana

“Setiap satu jam sekali kita perlu berdiri dan stretching. Tips ini juga berlaku untuk orang tua dan anak muda untuk mencegah cedera,” tandas dokter Luthfi. –(Net).

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================