Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM Makanan berlemak memang terkesan menakutkan bagi sebagian orang yang sedang diet. Tapi tidak semua makanan berlemak itu mengandung lemak buruk.

Beberapa makanan tinggi lemak bermanfaat bagi tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Lemak juga sebenarnya sangat beragam bagi tubuh dan memiliki fungsi seperti menyediakan cadangan energi, melindungi organ tubuh, membentuk hormon, dan membantu penyerapan zat gizi.

Akan tetapi, beragam jenis lemak juga memiliki pengaruhnya tersendiri bagi kesehatan. Lemak jenuh yang menumpuk di dalam tubuh dapat meningkatkan kolesterol “jahat” dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit jantung.

Nah maka dari itu mari kenali makanan-makanan yang mengandung lemak yang baik bagi tubuh dan kesehatan.

Berikut makanan tinggi lemak baik

  1. Ikan

Ikan merupakan sumber lemak yang baik seperti salmon, kembung, haring, sarden, dan tuna. Pasalnya, ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang termasuk dalam kelompok lemak tak jenuh.

  1. Minyak zaitun
BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Minyak zaitun, terutama dari jenis extra virgin olive oil, kaya akan vitamin E, vitamin K dan minyak zaitun juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Kandungan lemak ini dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol total dan tekanan darah.

  1. Alpukat

Alpukat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan bisa membantu meringankan radang akibat penyakit. Alpukat juga merupakan satu-satunya makanan tinggi lemak yang berasal dari kelompok buah-buahan. Baiknya lagi, sekitar 70% dari lemak total pada alpukat adalah lemak tak jenuh dalam bentuk asam oleat.

  1. Kacang-kacangan

Bicara tentang makanan tinggi lemak tidak lengkap tanpa kacang-kacangan. Bahkan, makanan ini sering diolah menjadi minyak karena kandungan lemaknya cukup tinggi. Lemak pada kacang juga tergolong sebagai lemak tak jenuh yang menyehatkan.

  1. Telur
BACA JUGA :  Mau Traveling Kemana? Ini Dia Daftar 10 Hotel Terbaik di Dunia 2024, Dijamin Tak Mengecewakan

Kebanyakan orang yang mengonsumsi telur, malah membuang kuning telur, justru jika membuangnya anda kehilangan berbagai zat gizi yang penting seperti asam lemak omega-3. Kolesterol pada kuning telur sebenarnya tidak memengaruhi kadar kolesterol darah asalkan selama ini kolesterol Anda terkendali.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung semua zat gizi penting yang ada pada susu, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan kalsium. Hal lain yang menjadi keunggulan yogurt adalah, makanan ini juga mengandung bakteri probiotik yang bermanfaat bagi pencernaan.

  1. Biji-bijian

Meskipun ukurannya kecil, biji-bijian ternyata kaya akan lemak yang menyehatkan. Biji chia dan biji rami (flaxseeds), khususnya, mengandung asam lemak omega-3 yang jauh lebih tinggi dibandingkan biji-bijian pada umumnya.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================