Caranya lumatkan 1/4 pisang hingga teskturnya menjadi pasta. Oleskan adonan tersebut di kulit secara tipis, biarkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

  1. Gunakan Sunscreen

Untuk upaya pencegahannya, salah satu cara terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mencegah kerutan adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk itu, selalu gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 ketika beraktivitas di luar ruangan. Selain itu jangan lupa menggunakan topi dan sebisa mungkin batasi waktu kalian berada di luar ruangan.

6. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit. Vitamin ini tentu bisa ditemukan di banyak buah dan sayuran.

BACA JUGA :  Lumajang Jawa Timur Diguncang Gempa Terkini M3,9 Pagi Ini

Tapi jika ingin mendapatkan asupan vitamin C yang lebih banyak, kalian bisa oleskan gel atau krim yang mengandung vitamin C langsung di kulit. Tidak hanya menghilangkan kerutan di wajah, vitamin ini juga bisa membuat kulit lebih lembab dan terhidrasi.

  1. Essential Oil

Ada beberapa essential oil yang bisa menjadi obat tradisional untuk menghilangkan keriput di bawah mata. Minyak-minyak tersebut antara lain minyak argan, grapeseed, jojoba, lavender, sandalwood, ylang-ylang dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya larutkan essential oil di carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran tersebut langsung ke bagian mata yang memiliki kerutan.

  1. Berhenti Merokok
BACA JUGA :  Diduga Nyenggol Kabel Listrik, Truk Crane di Klaten Terbakar

Penelitian Mayo Clinic menemukan bahwa selain usia, merokok merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kerutan di wajah. Pasalnya merokok membuat kulit mengalami stres oksidatif yang merusak kolagen dan elastin.

Merokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah sehingga menghalangi peredaran ke pembuluh darah dan membuat kulit kekurangan vitamin A.

9. Lakukan Senam Wajah

Cara menghilangkan dan mencegah kerutan di bawah mata di usia muda lainnya adalah dengan melakukan senam dan pijat wajah. Lakukan senam dan pijat wajah yang menargetkan area sekitar mata untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================