BOGOR-TODAY.COM – Tidak banyak orang mengetahui bahwa stres tidak selalu buruk untuk kesehatan tapi juga dapat bermanfaat untuk perkembangan hidup Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat bekerja secara positif jika terjadi dalam jangka waktu terbatas. Misalnya saja stres karena belajar untuk ujian atau memersiapkan rapat profesional.

Psikolog Dr. Binda Singh menjelaskan tentang dua jenis stres, yakni eustress yang dianggap sebagai stres positif dan stres lainnya dianggap buruk bagi kesehatan.

Baca Juga :  Main Judi Online, Kepala Desa di Sumut Ditangkap

Para ilmuwan mengatakan bahwa periode stres yang singkat dapat membuat Anda kuat secara mental dan meningkatkan aktivitas otak.

Berikut beberapa manfaat stress:

  1. Dapat Meningkatkan Kekebalan

Stres dapat melindungi dari infeksi. Stres dalam periode singkat dapat menghasilkan interleukin dalam tubuh yang memerkuat sistem kekebalan dan melindungi Anda dari penyakit.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Sebuah penelitian Stanford pada 2012 menemukan bahwa tikus lab yang terkena tekanan mental rendah menghasilkan berbagai sel kekebalan dalam aliran darah mereka. Namun, stres kronis memiliki efek negatif pada tubuh manusia.