Bahaya Kolesterol Tinggi bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COMKolestrol adalah sejenis zat lemak yang terdapat di aliran darah. Tubuh sebenarnya memerlukan zat ini agar organ-organ di dalamnya berfungsi dengan baik. Namun, jumlah kolesterol ini harus dijaga agar tetap berada dalam kadar yang tepat.

Mengonsumsi makanan berlemak dan jarang berolahraga menjadi penyebab Bahaya kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi ini perlu ditangani karena Anda akan berisiko mengalami gangguan kesehatan serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Jika berlebihan, kolesterol justru dapat menghambat aliran darah dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari jarang berolahraga, sering mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, merokok, memiliki berat badan berlebih (obesitas), hingga menderita diabetes.

Tanpa penanganan yang tepat, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko Anda mengalami berbagai masalah kesehatan, di antaranya:

  1. Serangan jantung

Jumlah kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras atau menyempit (aterosklerosis). Jika aliran darah menuju jantung terganggu, maka dapat menyebabkan penyakit jantung. Apabila tidak diobati, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, yaitu serangan jantung.

  1. Stroke
BACA JUGA :  Warga Moncongloe Geger dengan Penemuan Bayi Kondisi Mengenaskan di Pinggir Jalan Maros

Jika penyempitan terjadi di pembuluh darah otak, maka fungsi otak akan terganggu. Fungsi otak yang terganggu akan berdampak buruk pada kemampuan berpikir, daya ingat, dan kondisi mental. Lebih parahnya lagi, kondisi ini juga dapat mengakibatkan stroke.

  1. Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan kolesterol di pembuluh darah arteri pada tungkai atau lengan, sehingga menimbulkan beberapa keluhan, seperti nyeri, kram, hingga mati rasa.

Keluhan ini umumnya dirasakan saat tubuh melakukan beragam aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, berlari, atau mengangkat sesuatu. Penyakit arteri perifer juga dapat menyebabkan lengan dan tungkai terlihat pucat, teraba dingin, sering kesemutan, dan luka yang sulit sembuh.

  1. Batu empedu
BACA JUGA :  Daftar Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita U-17 2024

Dalam sistem pencernaan, kolesterol dibutuhkan untuk memproduksi cairan empedu. Nah, cairan empedu ini berfungsi untuk mencerna lemak dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu empedu.

Cara Mencegah Bahaya Kolesterol Sejak Dini

  • Konsumsi makanan bergizi dan rendah kolestrol
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Jaga berat badan ideal
  • Batasi konsumsi minuman beralkohol
  • Kurangi stress
  • Lakukan olahraga secara rutin setidaknya selama 20–30 menit setiap hari

Kondisi ini tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak penderita kolesterol tinggi baru menyadarinya setelah menderita berbagai penyakit yang telah disebutkan di atas.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memeriksakan kesehatan tubuh secara rutin ke dokter. Selain memeriksa kadar kolesterol, dokter juga dapat memberikan saran tentang cara menjaga kadar kolesterol agar tubuh tetap sehat. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================