Semarakan HUT RI
Aksi emak-emak berdaster warga Kampung Sawah RT 01/RW 11, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor dalam turnamen sepak bola dalam rangka HUT RI ke 77, Rabu (17/8/2022). Foto : Fadilah/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Beragam cara dilakukan masyarakat dalam menyambut dan semarakan HUT RI ke 77 tahun. Selain serentak memasang bendera merah putih dan umbul-umbul warna-warni, warga pun menggelar lomba unik dan menarik.

Salah satu kreasi itu digelar warga Kampung Sawah RT 01/RW 11, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Semarakan HUT RI
Emak-emak di Kampung Sawah, RT 01/RW 11, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor antusias mengikuti lomba memindahkan belut, Rabu (17/8/2022). Foto : Fadilah/bogor-today.com

Sebelum perlombaan dimulai, warga terlebih dahulu melakukan karnaval atau iring-iringan dengan beraneka ragam kostum, seperti kostum burung garuda, Ki Lengser dan lainnya. Selepas iring-iringan, kegiatan dilanjutkan dengan upacara bendera.

Usai melaksanakan upacara, kegiatan disambung dengan pelepasan 172 burung pipit dan perlombaan. Pada malam harinya warga juga disuguhkan dengan panggung kesenian dan layar tancap. Kemeriahan hari kemerdekaan RI juga dilakukan warga dengan menghias kampung dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang masih layak dipergunakan, seperti pembuatan pesawat terbang, helikopter sepanjang 3 meter, tank berukuran 1,5 meter, patung tentara, lukisan dan terowongan dari bambu yang dihiasi lampu warna-warni dan pernak-pernik lainnya..

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 18 April 2024

“Bahan-bahan bekas yang dipakai diantaranya seperti limbah kardus, kantong semen, paralon, strerofoam, botol plastik, terpal, bambu, dan masih banyak lagi. Ini adalah hasil kreasi dan kekompakan warga RT 01,” ungkap tokoh pemuda sekaligus penggerak kegiatan, Yadi Suryadi kepada bogor-today.com, Rabu (17/8/2022).

Menurut Boy begitu ia disapa, menghias kampung dilakukan satu bulan sebelum 17an, dan semua itu merupakan hasil swadaya dan gotong royong warga.

Dengan demikian, Boy mengaku bangga dengan kekompakan warga yang antusias untuk memeriahkan hari kemerdekaan di tahun ini,  baik dalam menghias kampung maupun menyiapkan acara pesta warga.

“Kekompakan warga khususnya para pemuda yang secara gotong royong ingin memeriahkan hari kemerdekaan ini, menjadi bukti keguyuban dan kecintaan mereka terhadap Hari Kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Resep Membuat Rendang Ayam Tanpa Santan yang Lezat dan Bikin Ketagihan Keluarga

Itu, kata dia bukti jika warga bisa kompak, bersatu, bergotong royong dalam membuat suatu kegiatan. Oleh sebab itu, pihaknya antusias dengan membuat karya tersebut. Boy berharap, tradisi ini bisa menjadi sarana hiburan sekaligus ajang silaturahmi dan kreasi warga ini bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya.

Sementara  Lurah Cimahpar, Ronni Kunaefi mengapresiasi apa yang dilakukan warga Kampung Sawah RT 01. Menurut Ronni, kreatifitas dan antusias masyarakat pasca pandemi di tahun 2022 sungguh luar biasa dalam menyambut hari kemerdekaan RI.

“Tentu ini sangat bagus dan kreatif. Warga secara swadaya meluangkan waktu tenaga serta ide dan gagasan yang ditunjukkan lewat karya dan acara yang luar biasa,” pungkasnya (Fadilah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================