Seragam Pramuka
Ilustrasi seragam pramuka.

BOGOR-TODAY.COMSeragam Pramuka adalah pakaian yang digunakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Namun, tahukah mengapa seragam Pramuka berwarna coklat muda dan coklat tua?, simak yuk penjelasannya.

Melansir beberapa sumber, Selasa (6/9/2022) nuansa cokelat yang dipilih tentu tak sembarangan. Ada sederet kisah menjadi faktor mengapa warna cokelat begitu identik dengan Pramuka.

Seragam Pramuka

Warna tersebut dipilih karena merupakan salah satu warna yang digunakan para pejuang Indonesia ketika masa perang kemerdekaan. Konon, cokelat adalah warna yang mendominasi di medan perang.

Warna cokelat sengaja dipilih agar anggota Pramuka tak lupa pada semangat dan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara. Hal itu secara resmi tercantum pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Command Center 

Seragam Pramuka

Tak hanya itu, warna cokelat juga diyakini sebagai metafora tanah dan air di seantero Nusantara. Warna cokelat muda pada kemeja mencerminkan air yang mengalir di seluruh negeri. Sedangkan warna cokelat tua pada rok atau celana menggambarkan warna tanah di Indonesia. Sementara warna merah-putih pada setangan leher bermakna bahwa anggota Pramuka harus siap mempertahankan kibaran bendara di tanah airnya.

BACA JUGA :  Menu Sederhana untuk Sahur di Tanggl Tua, Nasi Goreng Terasi dan Sayuran yang Lezat dan Nikmat

Kemudian warna cokelat tunas kelapa sebagai perlambang Pramuka yang diciptakan oleh salah satu tokohnya, Soenardjo Atmodipurwo.

Tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa. Buah kelapa yang tahan lama menggambarkan sifat anggota Pramuka yang kuat secara jasmani dan rohani. Selain itu, buah kelapa yang bisa tumbuh di mana saja menyiratkan harapan agar anggota Pramuka mampu beradaptasi dalam kondisi apa pun.

============================================================
============================================================
============================================================