Peran Serta Universitas Pakuan Dalam Membangun Desa

universitas pakuan

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, jadi salah satu perguruan tinggi yang berperan aktif dalam membangun desa di Kabupaten Bogor.

Hal ini dikatakan Rektor Universitas Pakuan, Didik Notosudjono saat berdialog di Tegar Beriman (Teman) Radio 95.3 FM, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Kamis (8/9/2022).

Peran serta Universitas Pakuan dalam membangun desa diantaranya diimplementasikan di Desa Tegal Kecamatan Kemang.

Didik menjelaskan, kita sudah bekerjasama dengan Kabupaten Bogor, ada sekitar 60 desa yang kita jadikan pilot project, saat ini sedang dikembangkan, bahkan kepala desanya kemarin sekitar 400 orang kita undang untuk melihat kampus, juga melihat kegiatan di pedesaan yang kita bisa kembangkan.

Baca Juga :  Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pohon Sedunia 21 November 2022

Salah satu yang kita fokuskan itu adalah Bumdes, Badan Usaha Milik Desa, seperti di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pakuan turut serta membangun Kampung Batik New Normal.

Baca Juga :  Kecelakaan, Rumah Warga di Tanjub Timur Ditabrak Truk

“Dalam hal ini dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas kita libatkan, khusus Fakultas Ekonomi misalnya yakni membangun sistem akuntansi berbasis komputer. Kita akan membuat sistem akuntansi yang akuntabel,” katanya.

Didik menambahkan, tahun depan kita akan mengembangkan KKN tematik yang akan melibatkan semua fakultas. Kegiatan ini demi membangun pedesaan, dan akan melibatkan semua mahasiswa.