Kearifan Lokal dan Generasi Muda Adat

kearifan lokal

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pada tanggal 01 Juni dan Juli 2022 team Pemberdayaan Masyarakat atau PKM Universitas IBN Kaldun Bogor bersama ketua team yaitu Bahagia SP., MSc dan dua anggota dosen yaitu Ibu Leny Muniroh, SE., MSi dan pak Ritzkal, S.Kom., M.Kom melakukan kegiatan pemberdayaan kepada generasi muda di desa Urug, kecamatan Sukajaya Bogor Jawa Barat.

Kegiatan pemberdayaan berfokus kepada kearifan lokal masyarakat adat Urug yang berkaitan langsung dengan pertanian. Pada jaman teknologi canggih masa kini, kearifan lokal ikut memprihatinkan karena generasi muda tidak sempat lagi mendapatkan pengetahuan lokal terutama pengetahuan lokal dan budaya yang berkaitan langsung dengan pertanian ramah lingkungan.

Baca Juga :  Ini Dia Posisi Tidur yang Baik saat Sedang Batuk

Kearifan lokal termasuk pengetahuan dan perilaku yang diturunkan secara turun temurun dari pendahulu sebelumnya. Pengetahuan lokal yang terkait dengan pertanian mulai dari perilaku penentuan waktu tanam dengan melihat perputaran bintang kidang.

kearifan lokal

Ketika bintang kidang terlihat disebelah timur maka pertanda musim kemarau tiba sehingga masyarakat adat mempunyai cara untuk menentukan musim kemarau. Demikian hal dengan penentuan waktu tanam yaitu dengan melihat posisi bintang berada pada sebelah barat. Jadwal tanam padi berkaitan dengan posisi bintang tersebut.

Baca Juga :  Jangan Lagi Keliru! Ini Pengertian Gender dengan Jenis Kelamin

Pada saat, bintang kidang terlihat disebelah timur maka musim panen padi harus dilakukan. Demikian hal dengan Ketika posisi bintang sudah disebelah barat maka sebagai tanda persiapan untuk menanam padi.