Mudahkan transaksi
Konsumen Perumda Pasar Pakuan Jaya tengah bertransaksi menggunakan aplikai QRIS di salah satu kios di Pasar Blok F, Jalan Nyi Raja Permas, Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORMudahkan transaksi, Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ) Kota Bogor berencana meluncurkan sistem pembayaran digitalisasi yang dinilai lebih ekfektif. Artinya, pasar tradisional akan mengubah sistem dari pola kebiasaan lama yaitu dengan pembayaran tunai.

Kepala Humas PPJ Kota Bogor, Sri Karyatno menyebut sejauh ini sistem tersebut masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat maupun pedagang yang berada di bawah naungan PPJ.

Selain dinilai efektif, kata Sri ketentuan sistem tersebut merupakan arahan dari kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) melalui Bank Indonesia (BI) yang sudah seharusnya pasar-pasar rakyat atau tradisional harus mendigitalisasikan untuk sistem transaksi jual beli maupun manajemen pasar itu sendiri.

BACA JUGA :  Basarnas Akan Bentuk Unit SAR di Kota Bogor, Meliputi Wilayah Sukabumi dan Cianjur

“Jadi kita juga harus mengikuti sistem itu. Adapun langkah-langkah kita pertama adalah kita akan menyosialisasikan kepada pedagang kita memakai aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard),” kata Sri saat ditemui dikantornya, Selasa (4/10/2022).

Sri menjelaskan, QRIS itu sebuah alat transaksi yang berbentuk barcode. Metode transaksinya bisa melalui perbankan ataupun lembaga keuangan. Ia juga mengakui bahwa PPJ Kota Bogor sempat menggunakan aplikasi digital beberapa waktu lalu, salah satunya CMS (Content Management System).

“CMS itu adalah sebuah sistem yang mengefisienkan terhadap pedagang kepada pengelola pasar. Contohnya seperti pedagang itu membuka salah satu rekening perbankan yang menjadikan wadah untuk terintegrasi kepada keuangan kita,” bebernya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Tinjau Langsung Lokasi Longsor dan Serahkan Bantuan Kepada Korban Terdampak Bencana

Artinya, sambung dia selain kepemilikan rekening pribadi itu bisa digunakan untuk kewajiban membayar service charge atau biaya layanan untuk, kebersihan, keamanan dan pelayanan lainnya. Itu semua sudah terintegrasi dalam satu sistem dengan sistem debit perbulan-nya dengan nominal sesuai Surat Keputusan (SK) Perumda Pasar Pakuan Jaya.

Sejauh ini, Sri menambahkan ada beberapa pasar yang berada di naungan PPJ sudah memakai QRIS, seperti Blok F, Pasar Merdeka dan Pasar Bogor. Maka dari itu, pihaknya terus menyosialisasikan kepada para pedagang untuk mengikuti era digitalisasi ini. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================