Umumnya, virus ini cenderung berjalan seiring dengan gejala pilek, seperti demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan. Ketika tonsilitis disebabkan oleh virus, biasanya akan hilang setelah tubuh melawan infeksi, yakni sekitar 10 hari.

  1. Bakteri

Radang tenggorokan juga dapat menjadi penyebab terjadinya amandel. Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan amandel bengkak dan peradangan pada anak dan remaja.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 18 April 2024

Radang tenggorokan ini membuat penderitanya kesulitan membuka mulut, menelan, dan mengalami bau mulut. Jika tidak diobati, tonsilitis bakteri dapat menyebabkan infeksi yang parah, yang menyebabkan nanah terkumpul di sekitar kapsul amandel.

  1. Alergi

Iritasi lingkungan seperti alergen, debu, dan polusi pada orang yang memiliki alergi dapat menyebabkan iritasi dan peradangan tenggorokan, tetapi biasanya tidak menyebabkan pembengkakan amandel yang signifikan.

BACA JUGA :  Tanggal Tua Masak yang Sederhana Dengan Tumis Sawi Putih Jagung Muda yang Lezat dab Sedap

Namun, iritasi ini dapat memicu peradangan di saluran napas bagian atas, paru-paru, dan kerongkongan, yang menyebabkan amandel bengkak.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================