Inilah Penyebab Amandel yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak.

Namun, seiring bertambahnya usia dan makin kuatnya daya tahan tubuh, fungsi amandel mulai tergantikan dan ukurannya secara perlahan akan menyusut.

Sebelum amandel menyakiti tenggorokan anda, maka akan lebih baik anda tau penyebab munculnya amandel. Simak berikut ini.

  1. Usia

Amandel memang dapat terjadi pada siapa saja, tetapi anak-anak dan remaja lebih berisiko mengalaminya. Radang amandel memang paling sering menyerang anak-anak dan remaja.

Baca Juga :  Cara Menghapus Stiker WhatsApp yang Sudah Tidak Diinginkan Lagi

Hal itu karena tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri yang paling sering terjadi pada anak-anak usia 5 hingga 15 tahun. Anak di usia sekolah yang sering terpapar kuman, berhubungan dekat dengan teman sebayanya, dan sering terpapar virus atau bakteri yang dapat menyebabkan tonsilitis juga rentan terkena radang amandel.

  1. Asam lambung
Baca Juga :  Dianiaya, Penjaga Kantor FKUB Tewas Gegara Punya Utang Rp 100 Ribu

Refluks laringofaringeal atau LPR adalah masalah yang timbul saat asam lambung naik dan masuk ke tenggorokan. Ketika asam lambung naik dan masuk ke tenggorokan, rasa terbakar dan iritasi kronis dapat menyebabkan amandel yang sakit dan bengkak.

  1. Virus

Ada beberapa jenis virus yang dapat memengaruhi amandel dan memicu pembengkakan-influenza, adenovirus, Epstein-Barr (mono), dan herpes simpleks.