Inilah Penyebab Amandel yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak.

Namun, seiring bertambahnya usia dan makin kuatnya daya tahan tubuh, fungsi amandel mulai tergantikan dan ukurannya secara perlahan akan menyusut.

Sebelum amandel menyakiti tenggorokan anda, maka akan lebih baik anda tau penyebab munculnya amandel. Simak berikut ini.

  1. Usia

Amandel memang dapat terjadi pada siapa saja, tetapi anak-anak dan remaja lebih berisiko mengalaminya. Radang amandel memang paling sering menyerang anak-anak dan remaja.

Hal itu karena tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri yang paling sering terjadi pada anak-anak usia 5 hingga 15 tahun. Anak di usia sekolah yang sering terpapar kuman, berhubungan dekat dengan teman sebayanya, dan sering terpapar virus atau bakteri yang dapat menyebabkan tonsilitis juga rentan terkena radang amandel.

  1. Asam lambung
BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Pepes Tahu Kemangi yang Simple dan Sederhana

Refluks laringofaringeal atau LPR adalah masalah yang timbul saat asam lambung naik dan masuk ke tenggorokan. Ketika asam lambung naik dan masuk ke tenggorokan, rasa terbakar dan iritasi kronis dapat menyebabkan amandel yang sakit dan bengkak.

  1. Virus

Ada beberapa jenis virus yang dapat memengaruhi amandel dan memicu pembengkakan-influenza, adenovirus, Epstein-Barr (mono), dan herpes simpleks.

Umumnya, virus ini cenderung berjalan seiring dengan gejala pilek, seperti demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan. Ketika tonsilitis disebabkan oleh virus, biasanya akan hilang setelah tubuh melawan infeksi, yakni sekitar 10 hari.

  1. Bakteri
BACA JUGA :  Bima Arya Sempatkan Tinjau Penataan Fasad Otista

Radang tenggorokan juga dapat menjadi penyebab terjadinya amandel. Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan amandel bengkak dan peradangan pada anak dan remaja.

Radang tenggorokan ini membuat penderitanya kesulitan membuka mulut, menelan, dan mengalami bau mulut. Jika tidak diobati, tonsilitis bakteri dapat menyebabkan infeksi yang parah, yang menyebabkan nanah terkumpul di sekitar kapsul amandel.

  1. Alergi

Iritasi lingkungan seperti alergen, debu, dan polusi pada orang yang memiliki alergi dapat menyebabkan iritasi dan peradangan tenggorokan, tetapi biasanya tidak menyebabkan pembengkakan amandel yang signifikan.

Namun, iritasi ini dapat memicu peradangan di saluran napas bagian atas, paru-paru, dan kerongkongan, yang menyebabkan amandel bengkak.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================