Film Rekomendasi tentang Difabel yang Ceritanya Menginspirasi

BOGOR-TODAY.COM – Difabel adalah istilah yang lebih halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami disabilitas. Difabel mengacu pada keterbatasan peran penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari karena ketidakmampuan yang mereka miliki.

Jika anda merasa sedang kurang semangat, menonton film tentang difabel bisa menjadi pilihan bagus. Lantaran dengan kehadiran film tentang kaum difabel ini bisa dapat memotivasi penonton untuk lebih optimistis dan bersyukur menjalani kehidupan.

Berikut rekomendasi film yang memotret tentang kehidupan kaum difabel yang bisa Anda tonton. Bahkan beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata.

  1. Ray (2004)

Dibintangi pemenang penghargaan Oscar Jamie Foxx, Ray adalah film biografi yang memperlihatkan kehidupan penyanyi, penulis lagu dan musisi legendaris, Ray Charles.

Film ini menceritakan tentang Ray yang kehilangan penglihatannya di usia 7 tahun akibat penyakit glaukoma, dan butuh perjuangan besar untuk meyakinkan diri tentang bakat bermusiknya yang luar biasa.

  1. The Theory of Everything (2014)

The Theory Of Everything adalah film biografi dari kehidupan seorang fisikawan Inggris terkenal, Stephen Hawking. Berkat pengemasan cerita yang menarik, film ini berhasil ditayangkan di Festival Film Internasional di Toronto pada 2014.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang jenius Stephen Hawking yang terkena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) di usia 21. Meskipun didiagnosis penyakit berat, Stephen tidak berhenti meneruskan langkahnya menjadi pemikir ilmiah dan berperan dalam kemajuan sains.

  1. A Quiet Place (2018)

Film horor fiksi A Quiet Place yang dibintangi John Krasinski, Emily Blunt, dan Millicent Simmonds ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang menjalani kehidupan dengan keheningan dan mencoba bertahan hidup menggunakan pendengaran mereka.

Film ini menarik perhatian karena selain menampilkan tokoh tunarungu, mereka memasukan bahasa isyarat Amerika (American Sign Language/ASL) sebagai cara komunikasi antarpemain dalam filmnya.

  1. Walk, Ride, Rodeo (2019)

Film Walk, Ride, Rodeo merupakan cerita pengalaman nyata pembalap radeo barel Nasional Amerika, Amberley Snyder. Di usia 19 tahun, ia mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan hancurnya tulang belakang sehingga membuatnya lumpuh dari pinggang ke bawah.

Meskipun divonis lumpuh oleh dokter, Amber tidak pernah menyerah dan terus berusaha melanjutkan karier berkudanya dan aktif berkompetisi kembali.

  1. The Peanut Butter Falcon (2019)

Peanut Butter Falcon merupakan film independen terlaris pada 2019 yang dibintangi oleh Shia LaBeouf dan Zack Gottsegen. Film bergenre drama komedi ini menceritakan tentang persahabatan, kesabaran, dan perjuangan mengejar mimpi.

BACA JUGA :  Diduga Hanya Menegur, Pria di Probolinggo Dikeroyok 5 Pemuda hingga Babak Belur

Cerita bermula dari seorang pria yang mengidap down syndrome bernama Zak yang mengejar mimpinya menjadi seorang pegulat profesional.

Dalam perjalanannya, terdapat begitu banyak hal yang harus Zak alami dan hadapi, tetapi ia tetap pantang menyerah dan tetap teguh pada keyakinannya.

  1. The Fundamentals of Caring (2019)

Diadaptasi dari buku populer karya Jonathan Evison, The Fundamental of Caring merupakan sebuah film drama komedi yang dibintangi oleh Paul Rudd, Craig Roberts, dan Selena Gomes.

Ditayangkan perdana di Sundance Film Festival 2016, film ini menyuguhkan tentang pergumulan seorang penulis yang mengalami kebuntuan alias writer’s block.

Kemudian ia memutuskan menjadi seorang pengasuh seorang pemuda yang mengidap kelumpuhan akibat penyakit Duchenne Muscular Dystrophy.

  1. Crip Camp: A Disability Revolution (2020)

Rekomendasi film tentang difabel terakhir berjudul Crip Camp, sebuah film dokumenter dari perusahaan produksi Barack dan Michelle Obama, Higher Ground Productions.

Film ini memperlihatkan sebuah kamp untuk kaum disabilitas, Camp Jened, yang menyambut kedatangan penyandang disabilitas baru pada 1950-1970-an di Catskills Amerika Serikat.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================