Tanda-tanda Kanker Darah

  1. Demam

Demam adalah efek dari pertahanan sistem imun tubuh yang berjuang melawan infeksi. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya komponen sel darah putih.

  1. Berat Badan Turun

Beberapa pengidap kanker akan mengalami penurunan berat badan. Sebab, reaksi tubuh terhadap sel kanker dapat merusak metabolisme dan mengurangi massa otot serta lemak.

  1. Anemia

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga kadar oksigen yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Akibatnya, seseorang mengalami masalah kesehatan, seperti mudah lelah, sering sesak napas, pingsan, dan sakit kepala.

  1. Perdarahan

Leukemia berpeluang membuat hidung dan gusi pengidapnya berdarah. Penyakit ini juga mengakibatkan pendarahan dari luka yang tidak kunjung sembuh, kadar darah menstruasi berlebih, atau hematuria (kencing darah). Dalam kasus langka, kanker darah bisa menyebabkan pendarahan di otak sehingga muncul gejala neurologis.

  1. Sakit Tulang
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 11 Mei 2024

Myeloma dapat merusak struktur tulang sampai-sampai menyebabkan sakit di punggung, tulang rusuk, dan pinggul.

  1. Ruam dan Memar

Memar adalah tanda pendarahan di bawah kulit dan sering terjadi setelah cedera. Namun jika kondisi ini muncul tanpa alasan, bisa jadi itu pertanda jumlah trombosit rendah sehingga mengganggu proses pembekuan darah.

Selain itu, kanker darah akan menimbulkan petekie dan purpura. Kedua kondisi tersebut terlihat seperti bintik-bintik kecil berwarna ungu yang lambat laun berubah jadi ruam besar. Petekie dan purpura disebabkan oleh pembuluh darah yang ‘bocor’ ke permukaan kulit bagian bawah.

  1. Benjolan dan bengkak

Sel darah putih yang menumpuk di kelenjar getah bening bisa memicu benjolan di area leher, ketiak, atau selangkangan. Benjolan ini cenderung tidak terasa sakit, namun bukan berarti boleh diabaikan.

  1. Masalah Perut
BACA JUGA :  Tahanan Kasus Pencurian Nekat Gantung Diri, Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Masjid Rutan Prabumulih

Penimbunan sel darah abnormal bisa terjadi di limpa. Jika hal ini terwujud, pengidapnya akan merasakan kembung dan tidak nyaman pada tulang rusuk bawah di sebelah kiri. Kondisi tersebut pun berdampak pada pengurangan porsi makan.

Berkeringat di malam hari dan kulit gatal juga termasuk tanda-tanda kanker darah. Berdasarkan kondisi tersebut, seseorang yang sudah disuspek akan diberikan perawatan khusus oleh dokter, seperti kemoterapi, radioterapi, dan transplantasi sel induk.

Sebaiknya jagalah kondisi kesehatan dengan rutin menerapkan gaya hidup sehat dan hindari radiasi berbahaya. Bila perlu, konsumsilah tablet penambah darah secara berkala untuk mencegah anemia

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================