Tips Aman Mengendarai Motor
Tips Aman Mengendarai Motor Saat Banjir. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Beberapa hari kebelakang cuaca ekstrem tengah melanda wilayah Indonesia, Termasuk Bogor, Jawa Barat hingga menyebabkan bencana banjir di beberapa titik di Kota Bogor. Bahkan, Pemkot Bogor menyatakan darurat bencana hingga 31 Desember 2022 mendatang.

Oleh karenanya, berkaca pada peristiwa yang dialami Adzra Nabila (20), seorang mahasiswi IPB University yang dilaporkan hanyut terseret arus banjir di Jalan Dadali, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor saat menerjang banjir menjadi pembelajaran.

Selain membahayakan jiwa, menerjang banjir dengan menggunakan kendaraan roda dua berpotensi mengalami kerusakan.

BACA JUGA :  Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Simak Ketentuannya

Meski begitu, motor tak dilarang untuk menerjang banjir. Hanya saja ada tips yang sebaiknya diikuti agar tidak terjadi kerusakan pada motor. Intinya, pengendara roda dua harus memahami batas aman motor melewati banjir.

Dilansir beberapa sumber, berikut tips aman mengendarai motor saat banjir :

  1. Perhatikan ketinggian

Hal pertama yang wajib diperhatikan ketika ingin motor melewati banjir adalah memperhatikan ketinggian banjir. Jadi ada batas aman ketinggian air bila ingin memaksa motor untuk menerobos banjir. Di atas batas aman, sangat mungkin motor akan mengalami kerusakan bila dipaksa menerjang.

BACA JUGA :  10 Manfaat Jus Mentimun untuk Kesehatan, di Antaranya Menjaga Kesahatan Jantung..

Pastikan ketinggian banjir maksimal berada di seperempat roda. Pada ketinggian air ini, motor masih aman untuk dipaksa melintas. Pasalnya pada ketinggian air di seperempat roda umumnya masih berada di bawah lubang knalpot.

Sedangkan bila ketinggian air melebihi seperempat roda, sebaiknya pengendara motor mengurungkan niatnya. Lebih baik putar balik untu mencari jalan alternatif. Sebab bila dipaksa, kemungkinan motor bisa mengalami mogok di tengah-tengah banjir.

2. Jaga putaran mesin

============================================================
============================================================
============================================================