Ternyata Ini Penyebab Sakit Perut setelah Makan

BOGOR-TODAY.COM – Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya sakit perut setelah makan. Kondisi tersebut umumnya dibarengi dengan gejala nyeri, mual, mulas, dan perut terasa penuh.

Tak hanya itu, sakit perut sesudah makan memang umum terjadi, dan dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini tidak selalu menjadi pertanda adanya masalah kesehatan serius.

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

Berikut terdapat sejumlah penyebab mengapa perut Anda terasa sakit apabila setelah makan.

  1. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan atau dispepsia merupakan reaksi negatif seperti sakit perut, karena sistem pencernaan mengalami gangguan akibat makanan tertentu.

BACA JUGA :  Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Rujak yang Simple dan Praktis Anti Gagal

Seperti terlalu banyak konsumsi alkohol dan kafein, makan banyak dan terlalu cepat sekaligus, makan makanan berminyak, asam, dan pedas.

  1. Alergi makanan

Tidak semua individu bisa menikmati makanan yang sama dengan yang Anda konsumsi. Di antaranya tentu ada yang mempunyai alergi pada suatu jenis makanan.

Misalnya susu, telur, kacang-kacangan, ikan dan aneka seafood, atau gandum. Jika makanan tersebut dikonsumsi penderita alergi, salah satu efeknya yaitu memicu sakit perut.

  1. Tukak lambung
BACA JUGA :  Jelang Play Off Olimpiade Paris 2024, Ini Kata Pelatih Timnas Indonesia U-23

Tukak lambung atau maag adalah luka yang berkembang di lapisan dalam perut, terutama bagian atas usus kecil (duodenum).

Gejala maag paling umum yaitu sakit perut akibat makan makanan pedas dan asam, serta minuman beralkohol serta kafein tinggi.

  1. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan adalah kondisi dari sistem pencernaan tubuh yang terlalu sensitif terhadap suatu makanan. Keadaan ini berbeda dengan alergi.

============================================================
============================================================
============================================================