Kucing tandang
Mengenal Kucing Tandang, Si Kecil yang Terancam Punah. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMKucing tandang adalah kucing liar kecil yang tersebar di Semenanjung Thailand-Melayu, Kalimantan dan Sumatra. Kucing ini umumnya ditemui di daerah yang dekat dengan air tawar seperti sungai kecil, danau, rawa gambut, sampai mangrove.

Sejak 2008, Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) mencatat kucing tandang telah terdaftar sebagai terancam punah karena perusakan lahan basah di habitatnya. Hal itu diakibatkan oleh adanya penebangan hutan mangrove, revitalisasi hutan menjadi kebun kelapa sawit.

Bukan itu saja, punahnya Kucing Tandang juga disebabkan banyaknya jerat jebakan hewan seperti jebakan babi hutan yang tersebar di hutan juga kerap menjadi salah sasaran untuk Kucing Tandang Ukuran populasi efektif bisa kurang dari 2.500 orang dewasa, tanpa subpopulasi memiliki ukuran populasi efektif lebih besar dari 250 individu dewasa.

BACA JUGA :  Bawolato Nias Geger, Penemuan Mayat Pria Mengapung di Sungai Hou Sumut

Seperti beberapa kucing kecil lainnya, awalnya ditempatkan dalam genus Felis, tetapi sekarang dianggap sebagai salah satu dari lima spesies di Prionailurus.

Kucing berkepala datar sangat langka di penangkaran, dengan kurang dari 10 individu, semua disimpan di kebun binatang Malaysia dan Thailand sebagaimana dicatat oleh ISIS.

Berikut 5 fakta unik tentang Kucing Tandang yang perlu kamu tahu

1.Hidup di lahan basah
Persebaran Kucing Tandang di Indonesia meliputi daerah Sumatera dan Kalimantan. Lebih luas lagi kucing ini juga tersebar di semenanjung Malaya, wilayah paling selatan Thailand, Brunei Darussalam, Sabah, sampai Serawak.

BACA JUGA :  Resep Membuat Ikan Asin Sambal Belimbing, Perpaduan Asam Asin Pedas

Walaupun Kucing Tandang cenderung hidup di area hutan dengan lahan basah, di Semenanjung Malaya Kucing Tandang ditemukan di hutan perbukitan yang dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit. Dan apabila kalian ingin bertemu kucing ini, kalian bisa mendapati Kucing Tandang di Indonesia di Taman Nasional Sebangau.

2.Kucing Hutan Terkecil Di Asia Tenggara
Kucing Tandang merupakan spesies kucing hutan paling kecil di Asia Tenggara dengan panjang tubuh berkisar 41 – 50 cm dengan berat 1,5 – 2,5 kg. Kucing ini sedikit berbeda dengan kucing-kucing pada umumnya karena memiliki kepala yang datar (sehingga mendapat nama panggilan Flat-Headed Cat) dengan moncong yang pendek membulat.

============================================================
============================================================
============================================================