Peringati Hari Pahlawan ke-77 Sebagai Momentum Perkuat Budaya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Hari Pahlawan

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lakukan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 tingkat Kabupaten Bogor, yang dipimpin langsung Inspektur Upacara, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, di Lapangan Tegar Beriman, Kamis (10/11/22). Upacara Peringatan Hari Pahlawan digelar sebagai momentum untuk memperkuat budaya persatuan dan kesatuan bangsa di Kabupaten Bogor.

Di momentum Peringatan Hari Pahlawan kali ini, Plt. Bupati Bogor juga memberikan bantuan sosial berupa uang tunai kepada keluarga perintis kemerdekaan RI dan keluarga veteran RI,serta dilakukan penyerahan persetujuan hibah tanah seluas 3.437 meter milik Pemerintah Kabupaten Bogor kepada Kodim 0621 untuk Kantor Koramil.

“Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” ungkap Plt. Bupati Bogor saat membacakan sambutan Kemensos RI pada kegiatan Peringatan Hari Pahlawan RI, di Lapangan Tegar Beriman.

Baca Juga :  Resep Masakan Ikan Tongkol Bumbu Cabe

HARI PAHLAWAN

Menurutnya, Hari Pahlawan setiap tahunnya diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan, sebagai bangsa dan negara merdeka. Semua hidupkan kembali dalam benak, karena perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting untuk diresapi semangat dan keikhlasannya.

“Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa,” tutur Iwan Setiawan.

Baca Juga :  Fasilitas Publik dan Halaman Rumah Warga Terbakar Gegara Tawuran di Belawan

Sebagaimana diketahui, dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara–tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.