Kopdar Kamtibmas Ciptakan Kondusivitas dan Keamanan

BOGOR-TODAY.COM, CIBINONG – Kapolres Bogor AKBP, Iman Imanuddin bersama Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengukuhkan sekaligus melantik ketua dan pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Resort Bogor tahun 2022.

Acara tersebut berlangsung di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif, aman dan nyaman di Kabupaten Bogor.

Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resort Bogor Tahun 2022, penting untuk dilakukan hal itu tertuang dalam Surat Keterangan Kopolri Nomor : SKEP/831/XI/2005 Tanggal 25 November 2005 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas.

BACA JUGA :  6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Serta surat telegram Kapolri Nomor : ST/2492/IX/HUK.6.5/2019 Tanggal 18 September 2019 tentang Mendorong Pembentukan Pokdar Kamtibmas Tingkat Daerah/Resort/Ranting dan Pendayagunaan serta Pembinaannya.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta agar Ketua dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara mampu berperan aktif meningkatkan kesadaran hukum dan pembinaan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Saya sangat menyambut baik kemitraan Pokdar Kamtibmas bersama Polri, kami harap Pokdar Kamtibmas juga dapat membangun sinergi efektif bersama pemerintah daerah,” ujar Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Tidak hanya itu, Iwan juga meminta Forkopimcam, lurah, kades dan organisasi masyarakat lainnya untuk sama-sama berusaha meningkatkan kesadaran hukum dan mencegah gangguan Kamtibmas di masyarakat.

BACA JUGA :  Takjil Buka Puasa dengan Bubur Mutiara, Ini Dia Resepnya

Pokdar Kamtibmas hendaknya mengedepankan cara-cara persuasif dan edukatif dalam melakukan pembinaan serta senantiasa membangun komunikasi intensif dan efektif , dengan pemangku kepentingan dan segenap elemen masyarakat agar tercipta keamanan dan kondusivitas wilayah.

“Saya minta peran aktif seluruh anggota Pokdar Kamtibmas yang telah dikukuhkan dalam menjalankan tugasnya di tengah masyarakat di wilayahnya masing-masing. semoga bisa meningkatkan kesadaran hukum dan pembinaan dan ketertiban di masyarakat,” tegasnya.

============================================================
============================================================
============================================================