Kondisi telinga berdenging ini sering disebut juga dengan tinnitus. Gejala ini merupakan tanda paling umum dari masalah pada sistem pendengaran.

  1. Sensasi Berputar (vertigo)

Sensasi berputar atau vertigo sering menjadi ciri gendang telinga pecah. Kondisi ini terjadi karena rasa sakit yang timbul pada sistem pendengaran.

  1. Mual atau Muntah yang Bisa Diakibatkan oleh Vertigo

Vertigo menyebabkan munculnya sensasi berputar yang menyiksa. Sebagian orang bahkan mengalami mual dan muntah hingga memengaruhi keseimbangan tubuh.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami gejala gendang telinga pecah.

Kapan Harus ke Dokter?

Membran timpani atau gendang telinga merupakan bagian dalam telinga yang memiliki struktur tipis dan halus. Bagian ini hanya berukuran sekitar 0,1 millimeter dengan diameter 8-10 millimeter. Beratnya pun hanya sekitar 14 miligram.

BACA JUGA :  Review Film : Menjelang Ajal, Pesugihan Berujung Petaka

Oleh karena itu, apabila bagian ini mengalami kerusakan, maka fungsi utama dari gendang telinga yang membantu pendengaran akan terganggu. Alhasil, getaran suara yang diterima telinga tidak mampu diproses untuk sampai ke otak.

Gendang telinga

Jika kondisi ini terjadi, sistem pendengaran menjadi tidak optimal. Selaput gendang telinga memiliki lapisan yang tipis dan halus sehingga rentan mengalami kerusakan bila tidak ditangani dengan tepat.

Kamu bisa jadi akan mengalami gangguan pendengaran hingga tuli jika kondisinya tidak ditangani dengan tepat. Lakukan pemeriksaan ke dokter THT jika kamu mengalami tanda gendang telinga pecah dan keluhan yang telah disebutkan di atas.

Perawatan Ketika Mengalami Gejala Gendang Telinga Pecah

Jika kamu mengalami tanda gendang telinga pecah, sebaiknya jangan melakukan tindakan yang membahayakan diri. Berhati-hatilah dan pastikan telinga kamu tetap kering agar tidak mudah infeksi.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bersama USAID Optimalkan Peran Kader Desa Cegah Penularan Tuberkulosis

Hindari kegiatan yang membuat kondisi telinga terendam air, seperti berenang. Jika kamu mandi, pastikan untuk menggunakan penutup telinga silikon yang tahan air.

Kamu juga dapat menggunakan bola kapas yang telah dilapisi dengan petroleum jelly atau pelembab di bagian telinga luar.

Selain itu, hindari penggunaan obat tetes telinga tanpa resep dokter. Jangan memaksakan diri untuk mengatasi kondisi ini sendiri. Sebab, penanganan yang kurang tepat akan memperburuk kondisi infeksi pada gendang telinga. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================