Ghanim Al Muftah

BOGOR-TODAY.COM – Sejumlah hal menarik tersaji di acara pembukaan Piala Dunia 2022. Opening ceremony berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu 20 November 2022.

Sajian hiburan mewarnai pembukaan yang megah ini, dengan sederet selebriti mengisi acara dari berbagai dunia seperti, Jeon Jung-kook yang merupakan personel BTS, Dua Lipa, Lil Baby, hingga Fahad Al-Kubaisi yang merupakan penyanyi asli Qatar.

Salah satu yang menyita perhatian adalah sosok Ghanim Al Muftah. Pria 20 tahun ini melantunkan ayat suci Al Quran di hadapan aktor Amerika Serikat, Morgan Freeman.

 Ghanim Al Muftah
Instagram @strootsy

Ghanim melantunkan sepenggal ayat Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13, “Ya ayyuhannasu Inna kholaqnakum min dzakarin wa untsa waja’alnaakum syu’uban waqobaaila lita’aarofu Inna akromakum ‘indallahi atqokum.”.

Terjemahannya: “Hai manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa….”

BACA JUGA :  Begini Tata Cara dan Niat Puasa Syawal Selama 6 Hari

Sosok Ghanim Al-Muftah

Melansir Goal.com, sosok Ghanim Al Muftah merupakan salah satu duta atau brand ambassador Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebagai difabel, Ghanim punya kelebihan lain.

Lahir pada 5 Mei 2022, Ghanim dinilai FIFA sebagai tokoh inspiratif karena mampu berkarya di tengah keterbatasan, serta menginspirasi banyak orang.

Ghanim lahir dengan kondisi Caudal Regression Syndrome (CDS), penyakit langka yang lahir dengan kondisi tanpa bagian tubuh yang utuh.

Meski ia memiliki banyak keterbatasan secara fisik, namun Ghanim mampu berkembang dengan baik di bidang bisnis dan menjadi penulis. Setiap tahun, Ghanim menerima perawatan ahli bedah di Eropa.

Dia adalah pengusaha termuda Qatar, setelah mendirikan Gharissa Ice Cream, sebuah perusahaan yang memiliki enam cabang dan mempekerjakan 60 karyawan. Dirinya pun berusaha memperluas bisnisnya dan membuka waralaba di seluruh wilayah Teluk.

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Sambal Teri Cabe Hijau yang Mantul

Terlepas dari keterbatasan, Ghanim ingin ikut serta pada Paralimpik dengan ikut renang, selam skuba, sepakbola, hiking, dan skateboard sebagai olahraga favoritnya.

Di sekolah, Ghanim biasa bermain sepak ola memakai sepatu di tangannya dan akan mengejar bola dengan teman-temannya yang ‘berukuran normal’.

Yang mengherankan, Ghanim pernah mendaki Jebel Syams, puncak gunung tertinggi di seluruh wilayah Teluk. Tanpa rasa takut, dia secara terbuka menyuarakan niatnya untuk mendaki Gunung Everest.

Dengan lebih dari 1 juta pengikut di Instagram, Al-Muftah bertujuan untuk belajar Ilmu Politik di universitas, dengan tujuan menjadi Perdana Menteri Qatar di masa depan. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================