Ini Dia 6 Minuman Penyebab Asam Urat

BOGOR-TODAY.COM – Penyakit

merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Minuman yang sering dikonsumsi tanpa disadari juga bisa menjadi penyebab penyakit asam urat.

Risiko asam urat dapat meningkat apabila seseorang mengonsumsi makanan tinggi purin.

Sebagai informasi, purin merupakan hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat dan dapat menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal atausaluran kencing.

BACA JUGA :  Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

Purin yang menyebabkan asam urat umumnya ditemukan dalam makanan berprotein tinggi, dan juga dalam beberapa minuman berikut.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol jenis apa pun, seperti wine, sake, soju, vodka, dapat memicu gejala asam urat, terutama pada orang yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar risiko serangan asam urat.

Pasalnya, konsumsi alkohol dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam darah yang dapat memicu serangan gout dalam satu atau dua hari.

  1. Kafein
BACA JUGA :  Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkan, Siswi SMA di Cilacap Ditangkap

Studi menunjukkan bahwa kafein dapat melindungi Anda dari asam urat karena kafein memiliki struktur kimia yang mirip dengan obat asam urat.

Kendati demikian, penelitian lain menunjukkan bahwa asupan kafein berlebih ternyata dapat memicu nyeri asam urat. Orang yang tiba-tiba menambahkan porsi kafein pada dietnya berisiko 80 persen lebih tinggi mengalami asam urat.

============================================================
============================================================
============================================================