Namun, sebagian antioksidan dalam tubuh juga berasal dari makanan yang dikonsumsi. Daun kemangi merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan, terutama antosianin dan beta karoten.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Kemangi merupakan ramuan populer dalam Ayurveda, pengobatan tradisional asal India sejak lebih dari 3.000 tahun lalu.

Ramuan ini disebut meningkatkan kesehatan mental, termasuk membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Untuk membuktikan klaim tersebut, dilakukanlah penelitian pada 2014. Hasilnya, daun kemangi mengandung senyawa yang berkhasiat membantu:

  • Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi
  • Meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar
  • Mencegah kehilangan memori terkait usia.

Namun, temuan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Mengurangi peradangan
BACA JUGA :  Gelar Syiar Ramadhan, Organisasi Keluarga Mahasiswa Universitas Binaniaga Santuni Anak Yatim Piatu

Stres oksidatif turut menyebabkan peradangan. Kondisi ini merupakan faktor dalam berbagai penyakit, termasuk kanker, diabetes, dan rheumatoid arthritis.

Menurut penelitian pada 2017, daun kemangi dapat membantu mengobati berbagai penyakit terkait peradangan akibat stres oksidatif. Hal tersebut karena sifat antiinflamasi atau anti-peradangan yang terkandung dalam sepucuk daun kemangi.

Tak cuma itu, seperti dilansir WebMD, minyak atsiri pada daun kemangi juga membantu melawan peradangan dalam tubuh. Sifat antiinflamasi ini berimbas pada penurunan risiko peradangan, seperti artritis atau radang sendi, penyakit jantung, dan masalah usus.

  1. Mendukung kesehatan sistem kardiovaskular

Studi pada 2011 melaporkan, temuan ekstrak daun kemangi membantu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini lantaran kandungan senyawa eugenol dalam kemangi yang dapat memblokir saluran kalsium dalam tubuh, sehingga tekanan darah menurun.

BACA JUGA :  Menu Tanggal Tua dengan Tumis Buncis dan Tempe yang Nikmat Dimakan Bareng Keluarga

Namun begitu, hanya berselang dua menit setelah pemberian ekstrak kemangi, tekanan darah kembali meningkat.

Adapun dalam penelitian lain, 24 relawan sehat mengonsumsi kapsul yang mengandung 300 miligram ekstrak daun kemangi kering satu kali dalam sehari. Empat minggu kemudian, mereka yang mengonsumsi ekstrak kemangi memiliki kadar kolesterol dan trigliserida lebih rendah daripada yang tidak.

Dari sana, para penulis menyimpulkan bahwa manfaat daun kemangi salah satunya untuk mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular yang menyerang jantung atau pembuluh darah.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================