Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM – Tumbuhan yang berasal dari Asia dan Afrika ini merupakan tanaman aromatic. Meski beraroma harum, namun kemangi memiliki cita rasa yang agak pahit.

Daun kemangi di Indonesia kebnaykan dikonsusmsi untuk menemani sajian lain sebagai lalapan. Populer sebagai pelengkap makanan, manfaat daun kemangi bagi kesehatan juga tak kalah banyak.

Dilansir dari laman Healthline, kemangi terkenal akan kandungan vitamin K yang melimpah. Tanaman ini juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, serta mengandung minyak atsiri yang bagus bagi kesehatan.

Baca Juga :  Nyesel Baru Tahu, Ternyata Obat Kumur Miliki Manfaat Ajaib Buat Peralatan Rumah Jadi Kinclong. Masa Sih?

Manfaat daun kemangi

Berikut sederet manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Mencegah penuaan kulit

Manfaat daun kemangi juga dirasakan oleh kulit, yakni guna mencegah beberapa efek penuaan. Manfaat tersebut terbukti dalam studi yang terbit pada 2011, oleh para peneliti yang mengaplikasikan ekstrak kemangi pada model laboratorium kulit.

Hasilnya, memasukkan ekstrak kemangi dalam krim kulit dapat meningkatkan hidrasi serta mengurangi kekasaran dan kerutan pada kulit.

  1. Menangkal radikal bebas
Baca Juga :  PWI Peduli Kota Bogor Galang Donasi Untuk Korban Gempa Cianjur

Saat stres, radikal bebas dalam sel tubuh akan meningkat. Terlalu banyak radikal bebas membuat tubuh mengalami stres oksidatif. Stres jenis ini dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit.

Dikutip dari Medical News Today, beberapa peningkatan risiko penyakit akibat stres oksidatif adalah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan rheumatoid arthritis. Untuk menangkal radikal bebas, tubuh sebenarnya telah menghasilkan beberapa antioksidan.