Ingin Menaikan Berat Badan? Ini Dia 7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi

BOGOR-TODAY,COM – Pembentukan otot dan memiliki bentuk tubuh ideal memang akan sangat sulit bagi seseorang yang berat badannya terlalu rendah (underweight). Orang perlu mengonsumsi sejumlah makanan untuk menaikkan berat badan dengan aman dan sehat.

Kondisi kesehatan tertentu bisa membuat orang kekurangan berat badan, misalnya pengobatan kanker, masalah hormon, atau gangguan makan. Tujuan menaikkan berat badan tentu ingin mengembalikan kondisi tubuh normal kembali.

Makanan sehat untuk menaikan berat badan

  1. Salmon

Sangat penting memasukkan protein dalam asupan harian. Betapa tidak, otot dibangun dari protein.

Artinya, konsumsi lebih banyak protein bisa memastikan pembentukan otot yang baik.

BACA JUGA :  Gangguan Mental Bisa Jadi Pemicu Susah Bangun Pagi, Benarkah?

Seperti dikutip dari Insider, pangan dengan kandungan protein tinggi antara lain salmon (29 gram per 5 ons), telur (sebutir telur mengandung 6 gram protein), dan kacang tanah (6 gram per 32 gram sajian).

  1. Sereal biji-bijian

Sereal biji-bijian biasanya terdiri dari gandum, barley, dan beras. Kadang ada pula yang menambahkan flax seed, biji labu atau almond panggang. Sereal makin nikmat dengan tambahan susu dingin.

Jika Anda membeli sereal kemasan, cek lagi kandungan gula dan garamnya. Mungkin sekilas sereal terlihat sehat karena biji-bijiannya beragam, tetapi kenyataannya, produsen menambahkan gula atau garam ekstra.

  1. Nasi

Nasi jadi sumber karbohidrat murah untuk membantu menambah berat badan. Dalam 158 gram nasi putih memberikan 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Terakhir Bima Arya - Dedie Rachim, Sahkan 2 Perda

Seperti dikutip dari Healthline, Anda bisa memberikan rasa pada nasi yang relatif hambar. Cara termudah adalah menambah komponen protein seperti mentega dan keju parmesan, brokoli dan keju, telur dadar atau kacang tanah, dan biji wijen panggang.

  1. Dark chocolate

Cokelat berasal dari biji kakao yang kaya akan karbohidrat. Sebaiknya pilih cokelat hitam alias dark chocolate sebagai camilan sebab mengandung lebih banyak kakao dan lebih sedikit gula.

============================================================
============================================================
============================================================