Menurut SGB dan tim Okky di Indonesia, terdapat beberapa cara agar dapat bisa bersama-sama mengembangkan minat dan bakat anak sejak dini:

Yang pertama, perlihatkan begitu banyak hal positif yang bisa dilakukan kepada anak.

Ajak anak-anak untuk eksplorasi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kita ajak anak-anak mengenal sebanyak mungkin bentuk kegiatan positif, seperti olah raga, hobi, musik, teknologi dan lain sebagainya. Pendekatan yang ringan sambil bermain, biasanya sangat efektif.

BACA JUGA :  Goguma Latte with Jelly, Minuman Segar yang Legit dan Creamy

Selain itu, peran orang tua besar sekali pada tahap ini. Orang tua, guru, keluarga, dapat mengajak anak-anaknya berolahraga, menonton pertunjukkan atau bermain musik, menari dan kegiatan lainnya yang akan membuka mata anak terhadap minat dan bakatnya.

Jika ada yang memiliki minat khusus terhadap melukis, menulis, menyanyi, bermain musik atau kecerdasan matematikanya di atas rata-rata atau ada indikasi bakat bermain bola, dan lain sebagainya makan orang tua wajib membantu anak-anak tersebut untuk memaksimalkan potensi minat dan bakatnya.

BACA JUGA :  Turunkan Berat Badan ala Perempuan Jepang dengan 5 Kebiasaan Ini

Menurut Neeraj, setidaknya ada sembilan jenis kecerdasan yang dimiliki anak, yaitu kecerdasan bahasa, kecerdasan logika matematika, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis dan kecerdasan ekstensial. Sembilan kecerdasan ini sering disebut sebagai kecerdasan majemuk (multiple intelligence).  (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================