BOGOR-TODAY.COM, BOGORSEAMEO BIOTROP mengikuti kegiatan penanaman sekitar 3.500 mangrove dan tujuh jenis pohon langka nusantara di kawasan Ketapang Urban Aquaculture (KUA), Tangerang, pada Selasa 27 Desember 2022 lalu.

Ada juga beberapa pihak lainnya yang mengikuti penanaman tersebut seperti DPP Himpunan Alumni IPB, IPB Univeristy, ICMI, Pemda Tangerang, Badan Eksekutif Mahasiswa IPB, HMI Cabang Bogor.

Kegiatan penanaman mangrove dan pohon langka nusantara ini sangat strategis bukan hanya lokasinya yang dekat ibu kota tapi juga momentum yang tepat. Dengan semakin hangatnya isu blue carbon sebagai penyerap emisi dan isu konservasi pohon langka nusantara, maka penanaman serentak dua isu besar ini menjadi begitu bermakna.

BACA JUGA :  Kota Bogor Jalankan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR

“Minimal ada empat tujuan besar dari program penanaman mangrove dan pohon lang ini. Keempat tujuan strategis tersebut adalah edukasi lingkungan, penyerapan emisi, kolaborasi multipihak dan konservasi pohon langka. Keempat tujuan ini akan dapat dicapai pada satu kegiatan dan diharapkan kedepan akan makin banyak kolaborasi multipihak yang akan menanam mangrove dan pohon langka nusantara,” ungkap Direktur SEAMEO Biotrop Dr Zulhamsyah Imran kepada wartawan di kantor SEAMEO Biotrop, Kecamatan Bogor Selatan pada Rabu (28/12/2022).

Zulhamsyah melanjutkan, jika pada waktu bersamaan ada pihak yang merusak mangrove dan mengganggu kelestarian pohon langka nusanntara maka DPP HA IPB, SEAMEO BIOTROP, ICMI dan IPB Univeristy, tak akan lelah menanam dan hijaukan bumi. Program konservasi mangrove di KUA tersebut dimulai sejak tahun 2018. Kini, selang empat tahun kemudian, kawasan itu menjadi kebanggan, bukan hanya bagi Kabupaten Tangerang, tapi juga nasional.

BACA JUGA :  Pedagang Gorengan di Ciampea Bogor Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Saya berharap, Gerakan Nasional Penanaman Mangrove dan Pohon Langka Nusantara ini diharapkan bisa lebih berkembang. Kami pun akan terus berusaha menggerakkannya ke berbagai titik. Masyarakat sudah mengenal hubungan saling menguntungkan antara keberadaan mangrove dengan ikan dan kepiting. Pada habitat mangrove yang bagus akan tersedia pakan melimpah untuk ikan dan kepiting,” tuturnya.

============================================================
============================================================
============================================================