8 Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

mobil bekas

BOGOR-TODAY.COM Membeli mobil bekas memang tak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas, salah satunya Anda dapat langsung menggunakannya.

Tapi apakah tepat membeli mobil bekas dalam kondisi yang kita tidak tahu. Lantas apa yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas. Simak di bawah ini.

Cek kelistrikan dan aki

Aki adalah komponen paling penting, tidak ada aki ya kelistrikan mobil gak akan nyala. Aku yang sehat ada di angka 11-14 volt ya, di bawah itu sudah saatnya Anda pertimbangkan mengganti aki mobilnya.

Pilih aki yang tepat juga untuk kebutuhan mobil, ada tiga jenis aki yaitu basah, kering atau hybrid.

Cek Kaki-Kaki

Komponen ini cukup banyak dan krusial juga untuk dicek, karena merekalah yang akan menopang kenyamanan kita selama berkendara. Bisa dimulai untuk cek shockbreaker, leher, tie, rod, ball joint, link stabilizer, arm dan komponen lainnya. Baiknya lakukan di bengkel yang terpercaya.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Sintang Truk Tangki dan Motor Tabrakan, Tewaskan 2 Emak-Emak

Ganti semua cairan kendaraan

Untuk perawatan mesin, baiknya lakukan flushing atau membuang semua cairan mesin yang ada di mobil. Seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, cairan coolant, oli gardan dan lainnya.

Ini wajib dilakukan agar mobil lebih enak untuk dipakai ke depannya, apalagi kalau ternyata mobil yang kamu beli dari owner lama enngak ada catatan servicenya.

Cek Semua Komponen Kendaraan

Anda bisa minta bengkel untuk dicek part-part yang fast moving seperti filter udara, filter oli, filter bensin, filter kabin dan bagian mesin lainnya. Ini penting buat dicek, karena jangan sampai jadi masalah kedepannya, apalagi kalau teranyata belum pernah diganti sama owner lama.

Cek Kondisi Ban

Ban juga dicek ya, jangan sampai dalam kondisi botak karena ini bahaya bangat, apalagi kalau dalam kondisi basah. Cek usia bannya ya karena usia maksimal ban hanya 5 tahun. Kalau gak ada budget, prioritaskan ganti ban yang sudah keliatan botak biar gak oversteer.

BACA JUGA :  Hadirkan Program ARIT PA ARI Selama Bulan Ramadhan, Untuk Tingkatkan Masyarakat Taat Pajak Kendaran

Penggantian Surat-surat Kendaraan

Balik nama jadi penting buat sebagian besar orang biar gak kena pajak progresif dari pemilik sebelumnya, dan tentunya biar gak kenapa-napa di jalan ya karena mobilnya berarti sudah milik kamu sepenuhnya.

Spooring dan Balancing

Proses ini  bisa kalian lakukan belakangan kalau point 3 sebelumnya usdah kalian lakukan ya. Proses ini lebih kepada menyetel kondisi ban dan kaki-kakii sudah sesuai sudutrnya dengan setelah pabrik.

Pengecekan Body dan Cat Ulang

Dibeberapa kasus mobil bekas, ada bagian mobil yang sudah karat, gompal atau bentuk dan warnanya sudah gak sempurna. Buat kamu yang berjiwa perfeksionis, kamu gak perlu melakukan ini biar mobil kamu berasa baru lagi ya. (*)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================