HJB ke-541 Capaian Keberhasilan Kabupaten Bogor Semakin Baik

KABUPATEN BOGOR

BOGOR-TODAY.COM – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, menyampaikan sejumlah keberhasilan yang dicapai Kabupaten Bogor pada saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 tahun 2023. Di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Sabtu (3/6/23).

Berbicara capaian Kabupaten Bogor, perlu diketahui beberapa tahun ini, pembangunan di wilayah perdesaan ditingkatkan secara intensif. Bahkan di awal periode RPJMD ada 45 desa tertinggal di Kabupaten Bogor.

Saat ini sudah nol desa tertinggal, 90 desa berkembang, 231 desa maju dan 95 desa mandiri. Sementara untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) saat ini, IPM Kabupaten Bogor meningkat dari 69,69 poin menjadi 71,20 poin.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Raih Penghargaan Terbaik Pertama Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 Tingkat Nasional

“Melalui program Samisade kita terus berupaya mendorong desa membangun agar masyarakat di pedesaan mendapatkan fasilitas dasar yang baik dan setara serta semakin mandiri dan sejahtera,” tutur Iwan Setiawan

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menerangkan, Pemkab Bogor juga terus berupaya meningkatkan sektor pendidikan salah satunya dengan cara mengupayakan ribuan guru honorer terus diupayakan untuk diangkat menjadi PPPK.

“Kemudian, pendidikan inklusif diadakan hampir di setiap Kecamatan, 1.200 pemuda difasilitasi beasiswa perguruan tinggi hingga selesai dan 1.000 hafidz dilahirkan dari program Tahfidz Qur’an,” terangnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Bogor juga terus berupaya memberikan kepastian hukum dan perlindungan khususnya bagi perempuan dan anak Kabupaten Bogor salah satunya melalui program Isbat Nikah. Juga program intervensi stunting untuk melahirkan generasi Kabupaten Bogor yang sehat.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Bogor Ucapkan Terimakasih Kepada Bima dan Dedie di Acara Pisah Sambut

“Alhamdulilah dalam waktu 4 tahun angka stunting juga turun dari 32,9% menjadi 4,78%,” jelas Iwan Setiawan.

Lanjut Plt. Bupati Bogor mengungkapkan, meskipun sempat terhambat oleh masa pandemi Covid-19, Pemkab Bogor mampu menuntaskan pembangunan 99 jembatan rawayan, rehab 10.000 rumah tidak layak huni, membangun fasilitas bedah syaraf di RSUD Cibinong dan pusat penanganan nyeri di RSUD Ciawi, membangun dan merehabilitasi ribuan ruang sekolah/madrasah/pondok pesantren, dan sebagainya.

============================================================
============================================================
============================================================