Fenomena Wisuda di Tingkat Sekolah Dikeluhkan Orang Tua

Kegiatan wisuda di salah satu perguruan tinggi Bogor. (Ilustrasi Foto: Aditya/Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR –  Media sosial telah ramai dengan diskusi tentang fenomena acara wisuda di tingkat sekolah. Bahkan, seorang netizen menyoroti melalui sebuah unggahan di Facebook, anak-anak TK, SD, SMP, dan SMA yang harus mengikuti acara wisuda pada hari kelulusan.

 

“Kembalikan wisuda Hanya untuk yang Lulus Kuliah Aja. TK, SD, SMP, SMA Tidak Perlu. Bikin Pusing Orang tua Aja,. — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” tulis seorang warganet di grup Facebook dengan nama “Lahm Marbun,” saat dikutip dari Liputan 6, Selasa 20 Juni 2023.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Nasi Goreng Jamur yang Lezat dan Bikin Nagih

 

Beberapa orang tua diketahui mengeluhkan acara wisuda yang seharusnya tidak dilakukan di tingkat sekolah. Selain memberatkan dan mahal, momen wisuda di tingkat sekolah dianggap tidak sesignifikan di tingkat perguruan tinggi.

 

Upacara wisuda adalah perayaan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk memperingati siswa yang telah menyelesaikan program studi mereka dan memperoleh gelar akademik.

 

Sebagian besar prosesi wisuda berlangsung di universitas dan sekolah kejuruan, dimana toga atau topi akademik digunakan sebagai simbol pengakuan atas pencapaian akademik.

BACA JUGA :  Sebagai Kandidat Terbaik Partai Golkar, Jaro Ade Didaftarkan Calon Bupati Bogor

 

Namun, seiring berjalannya waktu, upacara wisuda telah digunakan sebagai momen untuk merayakan kelulusan tidak hanya dari pendidikan tinggi, tetapi juga dari tingkat yang paling dasar, seperti taman kanak-kanak (TK).

 

Bahkan, siswa yang lulus dari sekolah dasar, menengah, dan menengah atas juga memiliki acara wisuda dengan prosesi pengalungan medali sebagai simbol kelulusan dan penyelesaian studi mereka.

 

============================================================
============================================================
============================================================