Rayakan Milad ke-17, HIMAKOM Unida Gelar Seminar Public Speaking

Ganna Communication Acalapati 2023 Fisipkom Universitas Djuanda.

BOGOR-TODAY.COM – Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda sukses menggelar salah satu program kerja Ganna Communication Acalapati 2023 di Aula Gedung C, Universitas Djuanda Bogor, Sabtu 24 Juni 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bagian dalam rangka memperingati Milad HIMAKOM UNIDA yang ke-17 pada tanggal 16 Juni 2023 lalu.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Aal Lukmanul Hakim SH., MH., mengungkapkan jika Universitas Djuanda selalu merasa bangga saat mengetahui mahasiswa-mahasiswanya aktif dalam berbagai kegiatan. Karenanya, Unida pun selalu berkomitmen serta berupaya untuk mendorong rekan-rekan mahasiswa meraih prestasi bukan hanya di bidang akademik saja, tetapi juga di bidang nonakademik.

“Contohnya saja ada kegiatan ini yang berarti bisa dikatakan sudah mencapai kompetensi kelulusan. Karena di sini adalah acara dari Prodi Sains Komunikasi, maka salah satu kompetensi Sains Komunikasi adalah menguasai kemampuan Public Speaking atau berbicara di depan umum,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Dekan FISIPKOM UNIDA, Hj. Ginung Pratidina, Dra. M.Si. yang diwakilkan oleh Kepala Lab Sains Komunikasi, Robby Firliandoko A.Md, S.Ikom, M.Si. menyampaikan berita baik dalam sambutannya mengenai mahasiswa Sains Komunikasi yang kerap mengikuti dua lomba Komunikasi di Universitas Indonesia.

“Alhamdulillah, salah satu kelompok kami mengikuti lomba Journalight di Pekan Komunikasi UI 2023 dan berhasil keluar menjadi Juara 2. Dan yang terbaru, salah satu kelompok lainnya mengikuti lomba PR Action dan masuk ke dalam 6 Besar. Hanya berbeda sekitar 0,1 poin saja dari posisi ke-5. Ke depannya, saya berharap akan ada lebih banyak mahasiswa yang mengikuti lomba-lomba Komunikasi juga,” ungkapnya.

Dengan mengusung tema “Explore Your Skills, and Show Your Quality”, HIMAKOM ingin mengajak mahasiswa dan mahasiswi untuk mengeksplor kemampuan mereka dalam Public Speaking demi menjadikan kemampuan itu sebagai mata pisau dalam meraih prestasi. Mengingat Public Speaking adalah salah satu kegiatan yang akan selalu dilakukan orang-orang dalam situasi apapun maupun di hadapan berapa banyak pendengar.

BACA JUGA :  Layanan Baru Disdukcapil Kota Bogor

Ketua Pelaksana Acara Muhammad Fajar Triwidadi bertutur bahwa Public Speaking adalah salah satu kemampuan yang harus seseorang kuasai, karena kemampuan berbicara di depan umum itu sesuatu yang sudah pasti akan setiap orang lakukan dalam kondisi apapun maupun di hadapan siapapun. Tapi, rupanya masih banyak orang yang merasa gugup atau belum sepenuhnya nyaman dalam berbicara di muka publik.

HIMAKOM merasa itu sebuah concern ketika ada banyak orang, bahkan mahasiswa Komunikasi sendiri yang masih kesusahan dalam Public Speaking, sehingga kami mengadakan acara ini untuk memberikan solusi bagi orang-orang,” jelasnya.

============================================================
============================================================
============================================================