Ia juga mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang berhasil kembali ditorehkan. Selain pesertanya yang dominan berasal dari perguruan tinggi negeri, juga menjadi pengalaman pertamanya dalam mengikuti lomba feature. Ia juga menyebut tema yang disuguhkan terkesan sulit sehingga sedikit menghambatnya dalam proses peliputan ke lapangan.

“Alhamdulillah, tentunya saya sangat bahagia sekali bisa diberikan kesempatan untuk menjuarai lagi perlombaan yang skalanya nasional. Meskipun kemarin sempat ragu untuk lanjut karena temanya yang sedikit sulit bingung akan mengangkat budaya indonesia apa yang masih tersembunyi dan tidak banyak orang tau, tetapi setelah melihat hasil pengumuman, jadi semakin yakin bahwa apa yang diusahakan tidak sia-sia,” jelasnya.

Zulfa menuturkan, dalam Lomba Feature News yang diikutinya tersebut, ia membuat tulisan tentang keindahan warisan Indonesia yang tersembunyi yakni Leuweung Larangan, salah satu kampung berlokasi di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, yang dikemas dengan Judul “Leuweung Larangan: Hutan Konservasi yang Dijaga dengan Tradisi”.

BACA JUGA :  Cari Wawasan Soal Perguruan Tinggi, Pelajar SMAN 10 Bogor Kunjungi UGM

Dalam tulisannya, Zulfa menjelaskan keunikan dan keindahan Leuweung Larangan yang tidak banyak disadari masyarakat yang membedakan kampung tersebut dengan kampung pada umunya. Ia mulai menuliskan feature tersebut dari sejarah, konservasi, tradisi yang tetap terjaga, fenomena unik yang terjadi serta pesona tersembunyi dibaliknya.

“Berhubung temanya mengusung tentang warisan yang tersembunyi di Indonesia, Leuweung Larangan merupakan salah satu tempat yang menurut saya menyimpan seribu pesona dan keunikan dibalik namanya yang terdengar tidak lazim. Setelah meliput Leuweung Larangan ini, semakin paham kenapa ia berhak mendapat predikat sebagai mutiara tersembunyi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Cari Wawasan Soal Perguruan Tinggi, Pelajar SMAN 10 Bogor Kunjungi UGM

Dalam prosesnya Zulfa mengaku melakukan peliputan langsung dan menuliskan naskah. Untuk bisa mengungkap seluruh suasana di sana, Zulfa melakukan wawancara bersama Juru Pelihara dan ketua RW Leweung Larangan. Didukung dengan fakta yang ia rasakan selama menyusuri Leuweung Larangan seperti merasakan keasrian pemandangannya, mengunjungi tempat-tempat keramat serta mengenal tradisi di dalamnya.

Naskah feature sendiri merupakan salah satu jenis tulisan jurnalistik yang berisi perpaduan berita dan opini penulis dengan gaya tulisan bercerita, mengandung unsur human interest dan dipadu dengan bahasa sastra.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================