Peringati Hari Anak Nasional, Ratusan Pelajar Diajak Menabung Sejak Dini

Wali Kota Bogor, Bima Arya saat hadir di kegiatan edukasi keuangan bagi pelajar.

BOGOR-TODAY.COM – Sebanyak 300 pelajar tingkat sekolah dasar (SD) di Kota Bogor mendapatkan buku tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dalam kegiatan edukasi keuangan bagi pelajar yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023.

Penyerahan buku tabungan Simpel secara simbolis dilakukan Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi di Plaza Balai Kota Bogor, Selasa (25/7/2023).

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi dalam sambutan menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajarkan menabung dan mengatur keuangan bagi para anak-anak usia dini.

BACA JUGA :  Harkitnas ke-116 di Kota Bogor, Indonesia Memasuki Kebangkitan Nasional Kedua

Sebab, untuk mencapai cita-cita dibutuhkan keuangan yang solid. Selain itu juga akan menjadi modal dalam membangun kemampuan mengelola keuangan saat besar nanti sehingga mampu mempersiapkan masa depan bagi anak-anaknya.

“Setelah menabung dan mengelola, diharapkan anak-anak bisa belajar tentang investasi untuk masa depannya kelak di saat dewasa,” ungkap Friderica.

Dirinya menerangkan, kondisi yang ada saat ini dengan berbagai godaan untuk anak-anak menjadi konsumtif sangatlah mudah dengan kemudahan akses yang didapat melalui gadget. Di tengah kenyataan tersebut pihak OJK tetap dan terus berupaya mengajarkan anak-anak tentang bagaimana budaya menabung sejak usia dini.

BACA JUGA :  Santri di Bogor Tewas Usai Tenggelam di Situ Cimuleuit Rumpin

“Menabung merupakan tahap awal untuk kemudian membangun kemampuan untuk mengelola keuangan nanti. Menabung adalah esensi life skill yang harus dimiliki oleh semua anak di Indonesia. Dengan cita-cita yang mereka miliki, pada prosesnya membutuhkan dukungan keuangan yang solid karena itu belajar tentang keuangan, mengelola keuangan dan nanti investasi menjadi life skill yang harus dimiliki seluruh anak Indonesia,” tutur Frederica.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebutkan, budaya instan dan jebakan-jebakan kekinian serta sesaat menjadi PR yang dihadapi semua, utamanya bagi anak-anak dalam menabung adalah salah satu contohnya adalah pinjaman online (pinjol).

============================================================
============================================================
============================================================