Cegah Sebelum Terlambat, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Pada Remaja

DIABETES

BOGOR-TODAY.COM – Penyakit diabetes atau penyakit gula darah ternyata tak hanya diderita oleh orang dewasa atau orangtua saja. Namun diabetes bisa juga diderita oleh usia remaja. Jenis diabetes yang bisa menyerang orang berusia remaja adalah diabetes tipe 1 (juvenile diabetes) dan 2.

Medical News Today menyebutkan diabetes tipe 1 terjadi ketika pankeras tidak dapat memproduksi insulin, yaitu hormon yang dihasilkan pankreas. Padahal insulin sangat diperlukan mengingat tanpa keberadaan hormon ini, maka sel tidak dapat teraliri gula. Hal tersebut tentunya berisiko menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi melonjak.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Adapun diabetes tipe 1 bisa diderita pada usia berapa pun, entah anak yang usianya masih belia hingga remaja. Meski begitu, orang yang terdiagnosis mengidap diabetes tipe 1 sebagian besar berusia 13 tahun.

Untuk diabetes tipe 2 terjadi ketika insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan aliran darah terdapat tumpukan glukosa. Namun diabetes tipe 2 jarang terjadi pada anak, tetapi peluangnya akan meningkat seiring bertambahnya usia atau kelebihan berat badan (obesitas).

Penyebab lain seperti keturunan atau genetik atau karena kebiasaan hidup yang tidak baik dapat beresiko meningkatkan resiko anak terkena diabetes tipe 2.

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

Kenali ciri-ciri diabetes pada usia remaja agar dapat dicegah sebelum semuanya terjadi.

Secara umum, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi ciri-ciri diabetes di usia remaja diantaranya mudah lapar, mudah haus, disfungsi ereksi bagi pria, pandangan kabur, menurunnya kekuatan otot, mudah lelah dan juga sering mengalami perubahan suasana hati (Mood swing) secara tiba-tiba.

Lalu berapa gula darah normal pada orang berdasarkan usianya?

============================================================
============================================================
============================================================