Tahan Hingga 1 Bulan, Ternyata Begini Cara Menyimpan Tempe Biar Nggak Busuk

Setelah itu, potong tempe jadi beberapa bagian atau sesuai selera. Setelah itu sayat-sayat seluruh permukaan tempe yang akan disimpan. Tujuan menyayat-nyayat tempe agar ketika dibumbui mudah meresap.

“Ya sesuai selera sih, ini biar bumbunya makin meresap aja nantinya,” ungkapnya lebih lanjut.

Setalah proses tadi selesai, kemudian siapkan bumbu marinasi tempe yakni bawang putih sebanyak 2 siung dan juga garam 1 sendok teh.

Haluskan kedua bahan tersebut. Setelah halus lalu masukkan bumbu ke dalam panci yang sudah diisi air. Tambahkan 2 sdt bubuk kunyit lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 16 Mei 2024

“Tunggu sampai airnya mendidih baru kita masukkin tempenya. Sengaja diakhir, biar tempenya jadi nggak hancur. Tutup dan masak sampai airnya menyusut,” ucapnya.

Jika airnya sudah menyusut, matikan kompor lalu tiriskan potongan tempe. Susun tempe di wadah kedap udara. Kalau sudah terisi penuh, tunggu beberapa saat sampai tempe dingin.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Setelah dingin, wadah pun bisa ditutup. Terakhir, simpan wadah berisi tempe di freezer. Dengan begitu, stok tempe pun akan bertahan lama.

Jika ingin dikonsumsi, tempe tinggal keluarkan dari freezer lalu goreng di minyak panas. Selain jadi awet, menyimpan tempe pakai cara ini juga bikin praktis saat ingin memasaknya.

Selamat mencoba…! ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================