Tahan Hingga 1 Bulan, Ternyata Begini Cara Menyimpan Tempe Biar Nggak Busuk

TEMPE

BOGOR-TODAY.COM – Tempe merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kedelai. Seperti kita ketahui, kedelai memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan.

Tempe juga merupakan makanan khas Indonesia yang seringkali menjadi salah satu lauk andalan. Selain harganya yang relatif murah, tempe juga sangat mudah didapatkan baik di warung sayur skala kecil maupun di supermarket.

Tempe sering dimasak jadikan lauk sehari-hari. Cara memasaknya pun relatif lebih mudah, mulai dari digoreng, ditumis, dibakar, dijadikan pepes, dan lainnya.

Agar semakin lezat, kamu bisa menyantap menu olahan tempe dengan nasi hangat. Jangan lupa tambahkan pula sambal sebagai pelengkap.

BACA JUGA :  Obati Sakit Pinggang dengan 5 Air Rebusan Ini, Musah Dibuat

Lantaran enak, murah dan mudah didapat, tempe sering dijadikan stok bahan makanan. Sayangnya, bahan tempe terkenal mudah busuk jika disimpan sembarangan. Kadang meski sudah dimasukkan ke kulkas, tempe hanya bisa bertahan dua sampai tiga hari saja.

Tak jarang, orang mengawetkan tempe supaya lebih tahan lama dengan menabur garam ke dalam tempat penyimpanan tempe. Hal tersebut karena dipercaya bahwa garam memiliki fungsi menghambat kerja ragi pada tempe. Sehingga tempe jadi nggak mudah busuk meski disimpan dalam waktu lama.

BACA JUGA :  2 Warga di Malang Dibacok Cerulit, Diduga Gegara Rebutan Lahan Parkir

Tapi ternyata ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menyimpan stok tempe agar nggak mudah busuk selain pakai garam.

Cara ini sempat ditunjukkan oleh salah satu akun YouTube Galeri Linda. Meski tanpa ditabur garam, stok tempe tetap awet dan tahan lama.

“Ini bisa awet sampai sebulan bahkan lebih,” ujarnya, dikutip dari YouTube Galeri Linda.

Pertama-tama pastikan tempe yang akan dijadikan stok adalah tempe dengan kualitas yang masih bagus. Biasanya tempe seperti itu adalah yang baru saja dibuat.

============================================================
============================================================
============================================================