PUTUSAN KASASI SAMBO ITU CERMIN INDONESIA NEGARA KEKUASAAN

Sebaiknya lembaga hukum MA yang terhormat ini menjadikan kasus Sambo untuk menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap MA dan Lembaga hukum yang lain.

Nyatanya malah membuat putusan kasasi yang tidak sesuai prinsip-prinsip keadilan dalam peradilan.

Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi, Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi.

Dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Serukan DOB Bogor Barat di Leuwiliang, Dihadiri Pj Bupati dan Jaro Ade

Harusnya MA minimal sama hukumnya di pengadilan dibawahnya yaitu hukuman mati, atau justru diperberat hukumannya, karena yang melanggar adalah seorang penegak hukum, yaitu polisi. Ini malah hukumannya lebih ringan.

Ini menunjukkan geng Sambo masih punya pengaruh yang kuat, atau negara kita bukan negara hukum, tapi negara kekuasaan. Siapa yang berkuasa dan punya duit bisa mengalahkan dan mengatur hukum.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Padahal di UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 1 ayat (3) yang berbunyi: “Negara Indonesia adalah Negara Hukum”.

Harusnya hukum menjadi panglima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, artinya kedudukan hukum itu tertinggi, bukan kalah dengan penguasa atau yang punya cuan, wani piro. Jayalah Indonesiaku. ***

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================