pabrik nakal
DLH Kabupaten Bogor menutup pabrik nakal di yang disinyalir mencemari sungai Cileungsi. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM –  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor akhirnya menutup pabrik nakal yang disinyalir mencemari sungai Cileungsi, Jumat (25/8/2023)

Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pengelolaan Limbah B3, DLH Kabupaten Bogor, Gantara Lenggana telah melakukan penegakan hukum (Gakkum) lingkungan terhadap salah satu perusahaan di wilayah Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BACA JUGA :  Ganda Putri Indonesia, Ana/Tiwi Wakil Satu-satunya di Final Thailand Open 2024

“Perusahaan tersebut terbukti mencemari Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Cileungsi dengan membuang limbah dan mengelola limbah tidak sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Gantara.

Ia menyebut, ada saluran pembuangan bypass dari inlet ke Sungai Cileungsi.  Kemudian terdapat rembesan air limbah yang tidak terkontrol sehingga mencemari aliran sungai Cileungsi.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, 14 Mei 2024

“Di lapangan, kami temukan ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan yang berada di dekat aliran sungai Cileungsi,” tuturnya.

Oleh karena itu, DLH melakukan pemasangan garis Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH Line) yang artinya menutup sementara lokasi instalasi pengolahan air limbah perusahaan tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================