Tingkatkan Kinerja BUMD Kota Bogor, Pemkot Lakukan Rapat Evaluasi

Rapat Evaluasi Kinerja BUMD di Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kota Bogor menyelenggarakan rapat evaluasi kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Bogor tahun 2023 di IPB Internasional Convention Center (IICC) Botani Square, pada Senin (28/8/2023).

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh BUMD di Kota Bogor dan memastikan bahwa seluruh BUMD Kota Bogor akan sehat dan terus berkembang di masa yang akan datang.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, pekerjaan rumah Pemkot Bogor adalah menyehatkan BUMD, jika disehatkan dalam konteks APBD, kinerja BUMD saat ini dan tentu saja angka keuntungan yang ada sudah membantu keuangan Pemkot Bogor selama ini. Dibandingkan dengan daerah lain, misalnya yang masih mengelola pasar didalam sektor ini, masih lebih banyak biaya dibandingkan dengan pendapatan.

BACA JUGA :  Pemkot dan PN Bogor Kelas IA Perkuat Kelembagaan

BUMD Kota Bogor layak saja dikritisi soal kontribusi, tetapi kalau dilihat dari struktur APBD kami sehat dengan adanya BUMD, nah ini merupakan hal yang lain. Contoh wilayah lain pengeluaran ada Rp1 miliar sampai Rp100 miliar pertahun dari APBD untuk pasar,” ungkap Dedie.

Tentu saja, keempat BUMD tersebut kontribusi terhadap keuangan Pemkot Bogor dan didorong untuk memberikan kontribusi kepada Pemkot Bogor. BUMD tersebut diharapkan dapat menghasilkan inovasi baru dan ide-ide kreatif untuk meningkatkan pendapatan mereka.

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Sebagai contoh, bahwa saya akan mendorong PDAM untuk mencegah perusahaan-perusahaan menggunakan air tanah di Zona Merah. Namun bagaimana cara mengubah penggunaan air tanah menjadi air permukaan yang dikelola oleh PDAM. Mengurangi risiko dan dampak lingkungan yang semakin memburuk dari penggunaan air tanah,kata Dedie.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asperbang) Kota Bogor, Hanafi menjelaskan bahwa BUMD berkewajiban untuk menjalankan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yang berarti mengembangkan mereka yang berada di bawah kewenangannya. Di Kota Bogor, ada empat BUMD dari segi pengelolaan air, perbankan, pasar, dan transportasi.

============================================================
============================================================
============================================================