BBWS
Kondisi Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu,. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMBupati Bogor, Iwan Setiawan, meminta agar Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) turut terlibat dalam menyelesaikan polemik pencemaran Sungai Cileungsi.

“Saya telah memahami bahwa Sungai Cileungsi berada di bawah kewenangan BBWS. Mengapa masalah ini selalu diberikan kepada pemerintah daerah? Mari kita tangani bersama-sama,” tegas Iwan.

Dia juga menyatakan telah mempelajari peraturan hukum yang berlaku untuk menindak pabrik-pabrik yang tidak mematuhi ketentuan dalam pembuangan limbah yang menyebabkan pencemaran Sungai Cileungsi.

BACA JUGA :  Kenalkan Olahraga Skateboard Lewat KORMI Go To School

Menurutnya, BBWS, yang memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya air di wilayah Sungai Cileungsi, juga seharusnya turut bertanggung jawab dalam menangani masalah ini.

“Saya sebagai pemimpin daerah sudah memahami peraturan hukumnya. Tanggung jawab dalam mengatasi pencemaran Sungai Cileungsi harus dibagikan bersama antara BBWS dan pemerintah daerah. Apa peran BBWS dan apa yang menjadi tugas pemerintah daerah?” jelas Bupati Bogor.

BACA JUGA :  Kecelakaan Bus Pariwisata Angkut Puluhan Penumpang di Kulonprogo

Selain itu, Iwan juga menyoroti bahwa tindakan tegas tanpa pertimbangan yang matang dapat berdampak pada mata pencaharian masyarakat yang bekerja di pabrik-pabrik tersebut. Iwan mengaku khawatir apabila penutupan pabrik-pabrik tersebut akan menambah masalah pengangguran di Kabupaten Bogor.

“Kami juga dapat berkomunikasi. Kami perlu menjaga investasi dan ekonomi. Kami harus menghindari masalah baru terkait pengangguran akibat penutupan pabrik-pabrik tersebut,” tambahnya.

============================================================
============================================================
============================================================