Toyota Fortuner
Viral Mobil di Tol Pakai Lampu Rem Salahi Aturan Bikin Silau Pengendara Lain. (Foto: PMJ/Tangkapan Layar).

BOGOR-TODAY.COM – Viral sebuah video yang beredar di media sosial TikTok memperlihatkan mobil Toyota Fortuner berwarna hitam yang memakai lampu rem tembak mengakibatkan pengendara mobil lain terganggu karena silaunya.

Video tersebut diunggah oleh akun @eben di TikTok yang bernama asli Hendrik Simanungkit. Hal itu terjadi di sekitar Gerbang Tol Pondok Gede Timur, Minggu (17/9/2023).

“Pak, lampunya bikin silau, Pak. Coba turun, bapak rem. Saya aja tadi hampir tabrakan sama pikap. Ini saya rekam buat laporan polisi karena bapak udah mengganggu pengguna jalan lain,” ujar perekam video saat menegur pengemudi Fortuner tersebut.

BACA JUGA :  Wajib Coba, Aktivitas Seru Camping Ground di Harris Sentul Bogor

Meski telah mendapat teguran, pengemudi Fortuner itu mengabaikannya dan menolak untuk berhenti. Padahal, Hendrik hanya ingin pengemudi tersebut melihat sinar yang dihasilkan dari lampu tesebut sehingga ke depannya tidak menggunakannya lagi.

Momen-momen sinar dari lampu rem tembak yang menyilaukan juga dibagikan oleh Hendrik dalam video yang diunggahnya. Terlihat cahaya yang dihasilkan terlalu terang, sehingga dapat mengaburkan fokus pengendara lain di belakangnya.

BACA JUGA :  Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Dia Penyebabnya

Menanggapi video viral tersebut, Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan menyebutkan bahwa penggunaan lampu rem seperti di mobil Fortuner tersebut menyalahi aturan tersebut dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

============================================================
============================================================
============================================================