ikan hiu di Pantai Florida
Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Sejumlah ikan hiu di Pantai Florida, Amerika terpantau mabuk hingga menyerang para peselancar. Insiden itu kali pertama diketahui ahli biologi kelautan yang melihat perilaku aneh pada hiu martil dan hiu gundukan pasir di Florida.

Setelah diselidiki hewan-hewan itu menelan paket kokain yang dijatuhkan penyelundup narkoba lantaran ada polisi. Narkoba yang dibuang ini kemudian dikonsumsi oleh hewan predator laut sehingga menyebabkan perilaku yang aneh

Diketahui, pantai-pantai di Florida terkenal sebagai tempat pembuangan obat-obatan tersebut.

Selama penyelidikan, ahli biologi kelautan Tom Hird mengamati hiu martil dan hiu gundukan pasir yang menunjukkan perilaku tidak biasa.

Hird, yang juga dikenal sebagai The Blowfish di YouTube, bekerja sama dengan Tracy Fanara, seorang ilmuwan lingkungan dari Universitas Florida, untuk menyelidiki apakah hiu memang mengonsumsi kokain.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam Spesial dengan Ikan Kembung Masak Santan yang Gurih dan Maknyus

Mereka menjatuhkan paket-paket yang menyerupai bal-bal kokain ke dalam air, lapor. Ternyata, hiu langsung berenang menuju paket-paket ini dan menggigitnya. Untuk menjamin keamanan hiu, mereka menggunakan bubuk ikan pekat sebagai pengganti kokain.

Pengamatan dan eksperimen mereka di lepas pantai Florida Keys dibuat dalam sebuah film dokumenter untuk Discovery’s Shark Week, yang diberi judul Shak Cocain.

“Kami tidak benar-benar tahu bagaimana reaksi hiu terhadap kokain. Ini mungkin membuat mereka lebih jinak, mungkin memperlambat pergerakan mereka.,” ungkap Fanara.

Surfer.com melaporkan, hiu menyukai kokain, dan ternyata tak sulit buat hewan predator itu memperolehnya di laut. Pada bulan Juni lalu, penjaga pantai AS menemukan lebih dari 14.000 pon kokain yang dibungkus dalam paket mengambang di Laut Karibia dan Atlantik, di lepas pantai Florida.

BACA JUGA :  PSSI Kecam Ujaran Rasis, Jangan Nodai Perjuangan Timnas Indonesia

Para peneliti juga mengamati perilaku aneh di antara hiu. Dalam satu contoh, seekor hiu betina terlihat berenang agak miring ke satu sisi, hampir seperti dia terbebani, dan tidak seimbang. Di foto lain, seekor hiu gundukan pasir terlihat berenang dalam lingkaran seolah mengejar sesuatu, tetapi tidak ada apa-apa di sana. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================