bibit siklon tropis 91W
Ilustrasi. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dendi Rona Purnama memprediksi sejumlah kota besar di Indonesia akan dilanda hujan lebat yang dipengaruhi oleh bibit siklon tropis 91W yang bergerak dari Laut China Selatan menuju arah barat.

“Dampak tidak langsung dari bibit siklon tropis tersebut untuk wilayah Indonesia adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir di wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau,” kata Dendi, Selasa (26/9/2023).

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Lalu Daerah mana saja yang terdampak?

Di Pulau Sumatra, situasi di Padang, Sumatra Barat, dan Pekanbaru, Riau, diprediksi cerah berawan. Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang berawan.

Dendi mengimbau masyarakat di sekitar Kota Medan untuk mewaspadai hujan disertai kilat maupun petir.

Sementara, Bandar Lampung, Lampung, dan Pangkal Pinang, Bangka Belitung, diprediksi cerah hingga cerah berawan, sementara Palembang, Sumatra Selatan, dan Bengkulu berawan hingga berawan tebal, serta Jambi diprediksi berkabut.

BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

Di Pulau Jawa, Dendi memprediksi Jakarta, Semarang, dan Surabaya cerah hingga cerah berawan. Sementara Serang (Banten) dan Yogyakarta diprediksi berawan, dan Bandung berpeluang hujan ringan.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, lanjutnya, cuaca umumnya cerah berawan, terutama di daerah Denpasar, Kupang, dan Mataram.

============================================================
============================================================
============================================================