keracunan
Ilustrasi keracunan. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – 20 siswa SD di Bandung Barat Dilaporkan mengalami keracunan usai mengonsumsi yoghurt yang dibeli dari pedagang di sekitar sekolah.

Atas peristiwa keracunan itu, dua dari jumlah siswa menjalani perawatan intensif di Puskesmas Padalarang.

Lantas, bagaimana mengatasi keracunan yang tepat. Melasnir alodokter, berikut 5 cara mengatasi makanan atau minuman yang patut Anda ketahui.

Keracunan makanan bukanlah kondisi yang dapat disepelekan. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena kondisi tersebut dapat berbahaya bila tidak segera mendapatkan penanganan.

Makanan atau minuman yang tidak diolah atau disimpan secara higienis rentan terkontaminasi oleh kuman. Saat hal ini terjadi, kuman tersebut bisa menghasilkan zat beracun dan bila dikonsumsi, bisa memicu keracunan makanan.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Gejala keracunan makanan dapat berupa mual, muntah, diare, lemas, demam, dan perut melilit. Gejala-gejala ini dapat muncul dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi kuman.

Agar gejala tidak memburuk atau menimbulkan bahaya, keracunan makanan perlu ditangani dengan tepat.

Cara Mengatasi Keracunan Makanan atau Minuman di Rumah

Untuk mengatasi keracunan makanan, ada beberapa langkah penanganan awal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Diare dan muntah akibat keracunan makanan dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Anda perlu mengembalikan cairan yang hilang ini dengan memperbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit dan makanan berkuah atau sup untuk mengembalikan cairan dan elektrolit tubuh. Minumlah secara perlahan dan sedikit demi sedikit, tetapi sering agar tidak mual.

  1. Konsumsi makanan yang tepat

Saat gejala baru muncul, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan apa pun terlebih dahulu selama beberapa jam.

Setelah merasa lebih nyaman, cobalah konsumsi makanan yang mudah dicerna, yaitu makanan rendah lemak, rendah serat, dan tanpa banyak tambahan bumbu. Beberapa contoh makanan ini adalah bubur, kentang, pisang, dan madu.

============================================================
============================================================
============================================================