Isu Beras Sintetis di Bukittinggi, Bapanas Langsung Investigasi dan Uji Lab

Ilustrasi Beras.

BOGOR-TODAY.COM – Badan Pangan Nasional (Bapanas) sedang menyelidiki temuan beras yang diduga mengandung plastik atau beras sintetis yang dikonsumsi masyarakat di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Andriko Noto Susanto, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas, menguji sampel beras yang dikonsumsi warga di laboratorium.

“Ini harus dilihat apakah ada bahan lain yang dikonsumsi selain beras, dan apakah semua yang mengonsumsi juga mengalami gejala yang sama. Jadi kasus ini tidak bisa digeneralisir, karena jika memang penyebabnya dari beras yang diduga sintetis tersebut tentunya ini akan lebih banyak orang yang terkena dampaknya, sehingga kita fokus ke kasus keracunan tersebut,” tutur Andriko menguip IDNTimes, Kamis (12/10/2023).

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Nasi Goreng Jamur yang Lezat dan Bikin Nagih

Kasus ini bermula ketika seorang warga Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, mengeluh jatuh sakit setelah mengonsumsi beras yang diduga sintetis.

Menurut Andriko, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi mengatakan bahwa sampel beras tersebut telah diuji di laboratorium yang terakreditasi. Namun, tidak disebutkan laboratorium mana yang menguji beras tersebut.

BACA JUGA :  Tingkatkan Mood dan Ingatan dengan Konsumsi 5 Makanan Ini!

“Untuk memastikan apakah sebab sakitnya akibat mengonsumi beras tersebut,maka harus dilakukan pengecekan kebenarannya. Apakah itu benar beras sintetis sehingga mengganggu kesehatan. Untuk validasinya harus dilakukan pengujian profil plastik yang dikandung terhadap sampel beras yang sama dengan yang dikonsumsi saat itu,” ungkapnya.

Badan Pangan Nasional bersama dinas pangan di seluruh provinsi fokus menjamin keamanan pangan segar di pasaran. Mereka bersinergi dengan satgas pangan.

============================================================
============================================================
============================================================