semburan air
Penampakan semburan air gas di Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogor-Today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Camat Sukaraja, Ria Marlisa menyebut semburan air yang muncul akibat pengeboran sumur di Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor diduga merupakan adaanya unsur gas metana.

Lantas apa itu gas metana, pengertian dan sumbernya?

Melansir beragan sumber, Metana (CH4) merupakan salah satu gas rumah kaca sehingga keberadaannya di atmosfer mempengaruhi suhu Bumi dan sistem iklim.

Metana dipancarkan dari berbagai sumber antropogenik (dipengaruhi manusia) dan alami.

BACA JUGA :  Kendaraan Dinas Terlibat Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor, Hampir Adu Banteng

Sumber emisi antropogenik termasuk tempat pembuangan sampah, sistem minyak dan gas alam, kegiatan pertanian, penambangan batu bara, pembakaran stasioner dan bergerak, pengolahan air limbah, serta proses industri tertentu.

Metana merupakan gas rumah kaca antropogenik terbanyak kedua setelah karbon dioksida, terhitung sekitar 20 persen dari emisi global.

Dilansir dari Popular Mechanics, metana adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan sangat mudah terbakar yang terdiri dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen.  Merana dapat diproduksi secara alami dan sintetis.

BACA JUGA :  Pencuri Sepeda Motor di Bogor Kepergok Warga, Pelaku Bawa Pistol Mainan

Ketika dibakar dengan adanya oksigen, meta menghasilkan karbon dioksida dan uap air. Metana merupakan komponen utama gas alam dan digunakan untuk menghasilkan panas dan listrik di seluruh dunia.

============================================================
============================================================
============================================================