penggilingan padi
Ilustrasi. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Akibat periode kemarau berkepanjangan, sejumlah pengusaha penggilingan padi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terancam bangkrut.

Para pengusaha penggilingan padi telah mengalami kesulitan selama hampir dua bulan dalam mendapatkan pasokan gabah dari para petani. Dan meskipun mereka berhasil mendapatkannya, harganya telah naik hingga dua kali lipat dari harga biasanya.

Selama hampir dua bulan terakhir, penggilingan padi yang dimiliki oleh warga di Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat hampir tidak lagi beroperasi.

BACA JUGA :  Nobar Timnas Indonesia, Dirut Tirta Pakuan: Dukung Perjuangan Anak Bangsa

Hal ini disebabkan oleh kelangkaan pasokan gabah dari para petani yang biasanya lancar. Kemarau menjadi penyebab utama permasalahan ini.

Para pemilik penggilingan mengakui bahwa situasi ini telah menghantam pendapatan mereka secara signifikan. Mereka yang sebelumnya mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp 10 juta per bulan, kini harus mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang mereka peroleh hanya untuk biaya pemeliharaan dan upah pekerja.

BACA JUGA :  Diduga Punya Masalah Disekolah, Siswa SMK di Gunungsitoli Nekat Gantung Diri

Selain itu, mereka terpaksa harus menjaga mesin tetap beroperasi agar tidak mengalami kerusakan.

============================================================
============================================================
============================================================